androidvodic.com

TNI Kerahkan 67.955 Prajurit Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, sebanyak 67.955 akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Hal ini disampaikan Agus saat menggelar rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: 200 Juta Orang Diprediksi Mudik Lebaran, Polri: Jalur Mudik hingga Pelabuhan Sudah Siap 98 Persen

"Kami laporkan bahwa TNI telah menyiapkan total 67.955 prajurit siap gerak dalam rangka mendukung Polri dalam pengamanan menjelang sampai dengan berakhirnya libur hari raya Idul Fitri tahun 2024 atau saat arus mudik hingga arus balik," kata Agus.

Agus menyebut, 67.955 personel berasal dari tiga matra TNI, yakni TNI Angkatan Laut (AL), Angkatan Darat (AD), dan Angkatan Udara (AU).

Menurutnya, dari TNI AD akan menyiapkan 51.457 prajurit yang tersebar di Komando Daerah Militer (Kodam).

Baca juga: Segini Estimasi Tarif Tol Jakarta-Yogyakarta pada Mudik Lebaran 2024, Siapkan Saldo Lebih Banyak

"TNI Angkatan Laut menyiagakan 4.900 prajurit dari 14 Lantamal yang tersebar dan Angkatan Udara akan menggelar pasukannya sebanyak 11.598 prajurit dari semua pangkalan udara yang dimiliki," ujar Agus.

Agus menjelaskan, TNI memiliki tugas untuk melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat hingga menciptakan kondusif.

"Untuk itu TNI akan membantu pengamanan di pusat-pusat keramaian dan simpul-simpul lalu lintas orang maupun barang seperti tempat ibadah, bandar udara, pelabuhan penyeberangan laut," ungkapnya.

Kemudian, terminal bus, stasiun kereta api, tempat peristirahatan pemudik, serta sarana prasarana umum lainnya seperti mal, pasar dan tempat rekreasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat