androidvodic.com

Mengenal Nuzulul Quran, Malam Turunnya Al-Quran ke Bumi pada 17 Ramadan - News

News - Simak inilah penjelasan mengenai Nuzulul Quran, malam diturunkannya Al-Quran ke Bumi pada 17 Ramadan.

Nuzulul Quran berasal dari bahasa Arab 'Nuzul' dan 'Quran' yang berarti diturunkannya Al-Quran.

Nuzulul Quran merupakan waktu diturunkannya Al-Quran pertama kali kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril.

Dalam ayat Al-Quran dijelaskan, bahwa Al-Quran diturunkannya pada saat bulan Ramadan.

Adapun Nuzulul Quran terjadi pada hari ke-17 bulan Ramadan, karena Rasulullah SAW menerima wahyu Al-Quran pertama kali pada 17 Ramadan.

Hal ini sesuai dengan ayat Al-Quran QS. Al Anfal ayat 41:

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَأَنَّ لِلَّهِ خُمُسَهُ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ إِنْ كُنْتُمْ آمَنْتُمْ بِاللَّهِ وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: "Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Untuk diketahui, hari Al Furqaan merupakan hari saat terjadinya perang Furqaan, yang pada saat itu jatuh pada 17 Ramadan.

Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia, pembeda antara yang benar dan salah, yang haq dan yang bathil.

Dengan demikian, berdasarkan kalender Hijriah yang dirilis Kementerian Agama RI, Nuzulul Quran atau 17 Ramadan jatuh pada Kamis, 28 Maret 2024.

Baca juga: Contoh Teks Ceramah Nuzulul Quran, Bahas Kemuliaan dan Keutamaannya

Sejarah Nuzulul Quran

Sebagai informasi, Al-Quran turun dalam dua waktu.

Dosen Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta, Sulhani Hermawan menjelaskan bahwa ada masa ketika diturunkannya Al-Quran dalam bentuk keseluruhan, dan sifatnya tidak tersentuh oleh siapapun, kecuali oleh orang yang disucikan Allah SWT.

Al-Quran turun pertama kali dari Lauhul Mahfuz ke Baitul 'Izzah di langit bumi.

Peristiwa diturunkannya Al-Quran dari Lauhul Mahfuz ke Baitul 'Izzah inilah yang disebut sebagai malam Lailatul Qadar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat