androidvodic.com

Supermoon Bakal Terjadi Jelang Lebaran? BMKG Minta Waspadai Potensi Banjir Rob - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya supermoon pada 9 April 2024 atau sehari menjelang lebaran Idulfitri.

Nantinya, supermoon itu berpotensi menimbulkan pasang air laut yang tinggi.

"Pasang surut yang sering mengakibatkan banjir rob, ini waspadai peluang pasang maksimum, karena akan terjadi supermoon tanggal 9," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam paparannya saat rapat bersama Komisi V DPR RI, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta (2/4/2024).

Baca juga: Apa Itu Supermoon? Fenomena yang akan Terjadi 1 Agustus 2023 Malam Ini

Ia mengungkapkan supermoon merupakan suatu keadaan posisi bulan dekat dengan bumi. Dengan begitu, nantinya ada daya gravitasi yang kuat yang sebabkan pasang air mencapai maksimum.

"Jadi posisi bulan yang terdekat dengan bumi sehingga gravitasinya terkuat apalagi tanggal 9 itu supermoon jadi dikuatkan dengan adanya purnama secara sempurna, utuh. Jadi diprediksi pasangnya maksimum," tambahnya.

Baca juga: Keindahan Supermoon yang Terekam Kamera dari Berbagai Penjuru Dunia

Lebih lanjut, Dwikorita menjelaskan peluang air pasang maksimum di Tanjung Priok terjadi pada 10 April 2024. Nantinya, ketinggian maksimum air mencapai 1 meter.

"Di sini kita lihat di Tanjung Priok, perlu diwaspadai peluang pasang maksimum pada 10 April dengan nilai pasang maksimum 1 meter," ucapnya.

Selain itu, kata dia, daerah Banyuwangi pada tanggal itu juga terjadi pasang air maksimal mencapai 2,56 meter. Kemudian, Cilegon dengan 1,04 meter dan Tanjung Perak capai 2,55 meter.

"Di Cilegon, Banten Tanggal 10 April pasangnya mencapai 1,04 meter dan di Tanjung Perak mencapai 2,55 meter," sebutnya.

Baca juga: La Nina dan Supermoon Berpotensi Perparah Banjir Rob Surabaya, Ini Wilayah Lain yang Terdampak

Lebih lanjut, Dwikorita menyatakan banjir rob saat periode lebaran juga diprediksi terjadi pada 1-13 April 2024 di sejumlah wilayah pesisir Indonesia.

"Dan adanya banjir rob pada periode lebaran terjadi Tanggal 1 hingga 13 April di beberapa wilayah pesisir di Indonesia baik di Banten, Jawa Tengah yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat," pungkasnya.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat