androidvodic.com

VIDEO Mudik Pakai Mobil Listrik, Jarak Antar SPKLU di Tol Trans Jawa Capai 20 - 40 KM - News

News, JAKARTA - Momen mudik Lebaran 2024 tinggal hitungan hari.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 5 - 8 April.

Bagi Tribunners yang akan mudik menggunakan mobil listrik melalui Tol Trans Jawa tidak perlu khawatir untuk mengisi daya listrik karena ada puluhan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Penelusuran Tim Tour De Java Tribunnews saat mengecek fasilitas mudik Lebaran 2024 menggunakan mobil listrik Neta V, ketersediaan SPKLU yang terletak di rest area satu dengan yang lain memiliki rentang jarak sekitar 20 km - 40 km.

Pemudik perlu mengantisipasi untuk tidak kehabisan baterai di tengah jalan.

Pemudik dengan mobil listrik harus memperhatikan ketersediaan daya di mobil mereka.

Lalu, disarankan untuk selalu mengecek aplikasi PLN Mobile.

Pada aplikasi PLN Mobile, pemilik EV bisa mengetahui titik-titik SPKLU terdekat mereka dan mana saja yang tersedia untuk dipakai.

Khusus untuk soket dari SPKLU yang ada di jalur Tol Trans Jawa, rata-rata menyediakan 3-6 colokan dengan kapasitas daya 22 kW hingga 200 kW.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut, seperti di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km.

"Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendaraan listrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km," ucap Darmawan dikutip dari keterangan resmi.

Meski PLN menjamin keamanan bagi pengguna mobil listrik untuk mudik, namun ada aturan bahwa pemudik hanya diperbolehkan untuk istirahat selama 30 menit di rest area.

Oleh karenanya, menggunakan SPKLU di luar jalan tol pun bisa menjadi alternatif untuk mengisi daya EV Tribunners.

Sementara itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyediakan 20 SPKLU sepanjang Jakarta-Surabaya bagi pengguna kendaraan listrik yang akan mudik pada Lebaran 2024.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat