androidvodic.com

5 Kasus TPPU di Indonesia, Suami Sandra Dewi Bakal Bernasib Sama Seperti Indra kenz & Rafael Alun? - News

News, JAKARTA - Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sebelumnya Harvey juga berstatus tersangka kasus penambangan timah di lokasi izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk 2015-2022.

Harvey bukanlah orang pertama yang dijerat dengan pasal TPPU, sebelumnya ada sejumlah pesohor yang mengalami "nasib" yang sama.

Di antara mereka ada nama Indra Kenz dan Doni Salmanan, influencer sekaligus afiliator produk investasi bodong.

Dikutip dari situs OJK, Pencucian uang secara sederhana merupakan upaya menyembunyikan atau menyamarkan uang atau dana yang diperoleh dari suatu aksi kejahatan atau hasil tindak pidana.

sehingga seolah-olah tampak menjadi harta kekayaan yang sah padahal didapat dari cara melanggar hukum.

Berikut 5 kasus TPPU di Indonesia

1. Indra Kenz

Indra Kenz dijadikan tersangka karena perbuatannya melakukan penipuan berkedok investasi.

Bahkan, Pria dengan julukan crazy rich Medan ini tidak dijerat sendiri dalam kasus ini.

Adiknya, Nathania Kesuma, dan mantan kekasihnya, Vannessa Khong, turut dijerat dengan Pasal 5 dan Pasal 10 UU TPPU karena dianggap menerima, menyembunyikan, dan mengalirkan dana hasil kejahatan dari Indra Kenz.

Atas hal ini, ketiganya dikenai ketentuan TPPU dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Penyidik Bareskrim kemudian menelusuri harta dan aset milik Indra Kenz yang diduga hasil dari tindak kejahatan. Saat itu penyidik menyita aset senilai Rp 57,2 miliar milik Indra Kenz.

Berbagai aset yang disita penyidik terdiri dari akun YouTube dan surel Google Mail, video konten di YouTube, rekening bank, dan ponsel.

Selain itu aset milik Indra lainnya yang turut diamankan penyidik yakni mobil Tesla dan Ferrari, tanah serta bangunan, serta jam tangan mewah bermerek Rolex dan Audemars Piguet.

Bahkan penyidik turut memblokir rekening Indra dan kekasihnya, Vanessa Khong, karena diduga terdapat uang hasil kejahatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat