androidvodic.com

Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak Terjadi Hari Ini, Tiket Penyeberangan Ludes - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, BANTEN - Puncak arus mudik hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Merak, diprediksi terjadi hari ini, Sabtu (6/4/2024).

Dirjen Hubdat Kementrian Perhubungan, Hendro Sugiatno, mengatakan bahwa kepadatan di Pelabuhan Merak, Banten, terjadi di sepanjang hari ini, sejak dini hari tadi.

Baca juga: Akses ke Pelabuhan Merak Lumpuh, Kendaraan Mengular Sampai 15 Kilometer

Berdasarkan keterangannya dan status ketersedian tiket penyebrangan khusus kendaraan roda empat di aplikasi Ferizy, pun telah ludes terjual.

"Kalau melihat hari ini merata ya, karena mulai dari tadi malam dan kalau saya lihat di ferizy sudah penuh, sold out semua tiket," kata Hendro Sugiatno.

Baca juga: Tol Jakarta-Merak Macet Parah, Pemudik Tujuan Padang Ini Habiskan Waktu 10 Jam dari Depok ke Cilegon

"Prediksi saya puncaknya hari ini, kalau besok saya yakin sudah mulai menurun," sambungnya.

Demi melancarkan puncak arus mudik yang terjadi, Hendro pun mengatakan pihaknya terus berupaya untuk mempercepat waktu keberangkatan kapal penyebrangan ke Bakauheni.

Kapal-kapal yang telah mengantarkan penumpang ke Bakauheni akan langsung kembali ke Merak untuk mengangkut penumpang lagi.

"Makanya hari ini kami mencoba untuk mempercepat menarik (keberangkatan), kalau terlambat, maka besok akan tetap panjang (antrean), karena prediksinya tinggi hari ini, semoga besok lebih landai," ucap Hendro.

Di sisi lain, Hendro pun mengatakan bahwa kini armada penyeberangan dari Merak akan lebih banyak diterima di Bakauheni, dibanding dari Ciwandan.

Baca juga: Kisah Yoga, Jadi Relawan Pramuka di Pelabuhan Merak demi Bantu Pemudik yang Akan Berlebaran

Langkah lainnya yang diterapkan untuk memperlancar kendaraan menuju ke Merak adalah mengalihkan kendaraan angkutan ke Pelabuhan Bakau Bandar Jaya (BBJ), Serang, Banten.

"Kami membuat strategi di penyebrangan, jadi selama ini di Bakauheni itu menampung dua dari Ciwandan dan dari Merak," tutur Hendro.

"Sekarang strateginya untuk sementara 2-1, jadi dua kapal itu dari Merak, satu kapal dari Ciwandan, itu fleksibel, jika dari Ciwandan kosong, maka dari Merak akan masuk ke Bakauheni, kalau Ciwandan naik maka akan diatur," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat