androidvodic.com

46 Ribu Pemudik Tinggalkan Jakarta Menggunakan Kereta Api Hari Ini - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sebanyak 46.973 pemudik meninggalkan Jakarta pada H-2 Lebaran, Senin (8/4/2024).

“Secara keseluruhan penumpang naik dari Daop 1 Jakarta sebanyak 46.973 orang penumpang, dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara dan beberapa stasiun lain di Daop 1 Jakarta,” kata Ixfan dalam keterangannya, Senin.

Menurut Ixfan, para pemudik tersebut berangkat ke berbagai daerah tujuan menggunakan 79 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

"Dengan rincian penumpang naik dari Stasiun Gambir sebanyak 19.565 penumpang dilayani 41 perjalanan KAJJ," ujarnya.

Sementara yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, KAI mencatat total terdapat 26.618 pemudik dengan 38 perjalanan KAJJ.

Baca juga: Viral Momen Mudik Lebaran 2024, Pria Pakai Kostum Ultraman ke Purwodadi hingga Istri Ditinggal Suami

"Angka -angka tersebut masih dapat berubah mengingat penjualan secara online maupun goshow masih berlangsung sampai dengan jadwal keberangkatannya," ucap Ixfan.

Di sisi lain, Ixfan, total pemudik yang berangkat dari Jakarta sejak 31 Maret hingga hari ini mencapai 370.872 orang.

Menurutnya, para pemudik tersebut berangkat ke kota tujuan di Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Barat.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Terjadi H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan Siang Ini Melandai

“Sampai dengan hari ini, Senin 8 April 2024 tercatat 370 ribu lebih telah diberangkatkan penumpang mudik keberbagai tujuan di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Barat dengan 77 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) perharinya,” ungkap Ixfan.

Ixfan mengungkapkan, angka tersebut tergolong tinggi, mencapai 94 persen dari ketersediaan tempat duduk dari 31 Maret sampai dengan 8 April 2024, yaitu 395.652 tempat duduk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat