androidvodic.com

Tol Bocimi Kembali Beroperasi Pasca-Longsor, Ini Skema Rekayasa Lalu Lintasnya - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JABAR - Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) kembali difungsikan setelah terjadi insiden longsor beberapa waktu yang lalu.

"Iya benar, untuk Tol Bocimi telah dibuka kembali," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga: Arus Lalu Lintas Macet, Polisi Berlakukan One Way dari Arah Jakarta ke Puncak Bogor

Jules mengatakan saat ini pihaknya menerapkan rekayasa lalu lintas one way dari arah Jakarta ke Sukabumi. Sementara, untuk arah sebaliknya akan dikeluarkan di exit Tol Cigombong-Cucurug.

Pemberlakuan rekayasa ini, kata Jules, dilakukan sejak pagi hingga sore hari ini

"Sehingga prioritas utamanya arus lalu lintas sejak pagi hingga sore dibuka untuk kendaraan yang akan menuju Sukabumi," ucapnya.

Baca juga: Pasca Longsor, Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Akan Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024

Jules mengungkapkan terkait masih adanya lubang bekas longsoran akan dialihkan ke jalur A.

"Nantinya di KM 62 karena masih terdapat lubang bekas longsoran akan dialihkan ke jalur A, kemudian akan kembali ke jalur B kembali pada KM 64.600," jelasnya.

Lebih lanjut, Jules mengatakan jalur yang mengarah ke Jakarta akan kembali dibuka pada sore hari nanti.

"Nantinya rencana sekitar jam 15.30 WIB baru akan dibuka arah sebaliknya yaitu dari Sukabumi menuju ke Jakarta," tuturnya.

Sebelumnya longsor pada tol Bocimi ini terjadi kilometer 64 600A arah pintu exit Tol Parungkuda, hingga membentuk sebuah lubang besar pada Rabu (3/4/2024) lalu.

Pada saat kejadian, kebetulan sebuah mobil minibus jenis Isuzu Panther sedang melintas jalan tersebut hingga terperosok ke dalam jurang.

Akibatnya ada dua korban yang mengalami luka-luka dan sudah dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso jelaskan terkait rekayasa lalu lintas di Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Baca juga: Pakar Sebut Tol Bocimi Masuk Daerah Rawan Pergerakan Tanah di Jawa Barat

Diketahui telah terjadi longsor di Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada Rabu (3/4/2024) malam. Tepatnya di KM 64+600A dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

"Terkait kejadian longsor di Tol Bocimi. Kami sudah melaksanakan rekayasa lalu lintas terkait dari arah Jakarta menuju Sukabumi," kata Santoso kepada awak media di Command Center Korlantas Polri KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (4/4/2024).

Kemudian dijelaskannya bahwa rekayasa lalu lintas yang dimaksud melalui jalur arteri pada Gerbang Tol Cigombong.

"Itu nanti akan kita keluarkan di exit tol Cigombong kemudian masuk lagi mereka ke intran parungkuda," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat