androidvodic.com

Pasca Longsor, Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Akan Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran 2024 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Pasca longsor, Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64+600 A pada jalur B akan diupayakan bisa dioperasikan secara fungsional satu arah untuk kendaraan kecil.

Jalan Tol Bocimi KM 64 tergerus longsor, tepatnya di Kampung Sikup, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (3/4/2024) malam.

Jalan tol ini masuk ke dalam proyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II ruas Cigombong - Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalur B akan tetap diupayakan bisa digunakan satu arah bagi kendaraan kecil demi kelancaran mudik Lebaran tahun ini.

"Kami juga masih bebaskan tarif tolnya dari Cigombong ke Parungkuda/Cibadak dan sebaliknya," kata Basuki dikutip dari unggahan akun Instagram @pupr_bpjt, Sabtu (6/4/2024).

Penggunaan jalur B searah diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan arus kendaraan dari Jakarta - Ciawi ke Cigombong hingga ke Parungkuda/Cibadak.

Untuk teknis pelaksanaannya akan dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian. Begitu juga untuk arus balik akan dibuka lanjur ke arah Jakarta.

Penanganan sementara akan longsornya Tol Bocimi telah dilakukan oleh Kementerian PUPR.

"Penanganan sementara telah mulai dilakukan dengan pemasangan tiang pancang (sheet pile) untuk memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor, " ujar Basuki.

Selanjutnya untuk penanganan permanen, Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024 dan akan diupayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan.

Untuk memastikan keamanan pada ruas tol Bocimi, Basuki mengatakan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR akan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada titik-titik rawan longsor pada ruas Tol Bocimi.

Sebagai informasi, Jalan Tol Bocimi Seksi II ruas Cigombong - Cibadak diresmikan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Sukabumi ini pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Baca juga: Soal Tol Bocimi Ambles, Menhub Bilang Tanah di Sukabumi Rentan, Rel Kereta Api 2 Kali Longsor

Peresmian tol Bocimi Seksi II oleh Presiden Joko Widodo menjadi kado HUT RI untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat