androidvodic.com

Kegiatan yang Mulai Dilakukan di IKN Tahun Ini, Ada Pelantikan Prabowo-Gibran - News

News - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) hampir selesai, apalagi per April ini progres penggarapan tujuh proyek Waskita mengalami percepatan dari Januari 2024.

Dengan rincian, Saluran Utilitas Terpadu (MUT) – 01 mencapai 100 persen, Jalan Logistik Lingkar Sepaku Segmen 4 mencapai 98,96 persen, Jalan Tol IKN Segmen 5A mencapai 80,48 persen.

Kemudian, Sekretariat Presiden dan bangunan pendukung mencapai 75,61 persen, Kementerian Koordinator 4 mencapai 60,80 persen, Kementerian Koordinator 3 mencapai 60,45 persen, dan IPAL 123 mencapai 26,67 persen.

Rencananya, pada Juli nanti, sebagian para menteri juga sudah mulai pindah kantor ke IKN, seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Selain itu, diketahui terdapat 38 kementerian/lembaga yang diprioritaskan untuk pertama pindah ke IKN.

Kemudian, pada September mendatang, ada juga pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN.

Lantas, selain itu, apa saja kegiatan yang akan dilakukan di IKN pada tahun 2024 ini?

Kegiatan yang akan diadakan di IKN pada 2024 ini, salah satunya adalah peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) pada 17 Agustus.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sendiri, bahwa upacara 17 Agustus akan dilaksanakan di IKN.

Presiden Jokowi mengatakan, secara fisik, persiapan upacara 17 Agustus tidak ada masalah.

"Jadi fisiknya enggak ada masalah sampai hari ini. Kemudian, acara sudah dirancang kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetil itu di Januari, sudah hampir final," kata Jokowi kepada wartawan di IKN, Kamis (29/2/2024), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Menteri yang Bakal Pertama Ngantor di IKN, Ada Sri Mulyani, Basuki, hingga Prabowo

Bahkan, Presiden Jokowi meninjau langsung lapangan upacara di Istana Presiden di Kawasan IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Peninjuan itu dilakukan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan upacara 17 Agustus nanti.

Ada Pelantikan Prabowo-Gibran

Selain upacara 17 Agustus, rencananya, pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029 dilaksanakan di IKN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat