androidvodic.com

12 Media Tribun Network Sabet Penghargaan Serikat Perusahaan Pers Awards IPMA 2024 - News

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Sejumlah 12 surat kabar Tribun Network kembali menyabet penghargaan dalam acara Serikat Perusahaan Pers (SPS) Awards yang digelar di Hotel Ciputra, Jakarta pada Selasa (30/4/2024).

Dalam gelaran ini terdapat berbagai 4 kategori utama dan beberapa sub kategori yang diperebutkan oleh para peserta yang terdiri atas perusahaan pers, perusahaan swasta dan pemerintah serta mahasiswa.

Baca juga: Rakernas SPS 2023 di Bali Deklarasikan 6 Petisi di Tengah Gempuran Platform Digital Global

Adapun kategori itu di antaranya Indonesian Print Media Awards (IPMA), Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), Indonesia Students-Youth Media Awards (IYRA) dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

Terkait hal ini, Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network Domu D. Ambarita, mewakili manajemen Tribun Network, menyampaikan terima kasih kepada pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat atas inisiatif dan program kerja, rutin menyelenggarakan SPS Awards setiap tahun.

Baca juga: Tribun Network Gelar Mudik Gratis Menggunakan Bus ke Tiga Tujuan Akhir

Menurut Domu, penyelenggaraan penghargaan SPS Awards sangat stragegis dalam upaya terus menjaga kualitas isi dan perwajahan menarik (eye catching) surat kabar.

"Juga sangat penting agar keberlanjutan industri media cetak tetap terjaga di tengah tsunami arus informasi digital, media sosial yang interaktif dan era video dilengkapi gambar hidup serta suara dan teks,” ujar Domu Ambarita, yang juga Pemimpin Redaksi Harian Warta Kota.

Hingga saat ini, Tribun Network masih mengelola 21 surat kabar harian induk, yang beredar di Aceh hingga Nusa Tenggara Timur, serta 70 website yang beroperasi di 35 provinsi.

Semua awak media Tribun Network, kini bekerja sesuai praktik konvergensi media, yakni mengelola media cetak, digital, streaming video dan media sosial sekaligus.

Domu juga menuturkan bahwa semua kru yang terlibat wajib memiliki keahlian multitasking dan multiskill agar dapat memenuhui kebutuhan konvergensi media.

“Melalui adanya ajang SPS AWARDS 2024 (IPMA), awak redaksi, mulai dari  reporter dan fotografer di lapangan hingga proses produksi di kantor bersinergi  memberikan berita terbaik kepada pembaca. Bukan saja isi berita, juga perwajahan koran menjadi perhatian. Inilah komitmen kami untuk pembaca berupaya turut mengembangkan jurnalisme berkualitas,” ujar  Domu.

Berikut daftar 12 surat kabar atau koran Tribun Network yang berhasil menyabet penghargaan SPS Awards 2024.

Pertama terdapat Banjarmasin Post beserta portal online Banjarmasin.co.id yang berhasil meraih medali perak atau silver medal dalam sub kategori media sosial media lokal dalam kategori Indonesia Digital Media Awards (IDMA) 2024.

Baca juga: Lindungi Kelangsungan Pers, CEO Tribun Network Minta Pemerintah Buat Regulasi AI

Tak hanya itu, Banjarmasin Post juga memenangi penghargaan sub kategori The Best of Kalimantan Newspaper dalam kategori Indonesian Print Media Awards (IPMA) 2024 dengan meraih medali perak atau silver.

Terdapat pula media cetak atau koran Harian Surya yang berhasil mendapat medali emas atau gold medal dalam sub kategori The Best of Java, Bali and Nusra Newspapaper.

Selain itu terdapat nama-nama lainnya yang turut memenangi kategori IPMA 2024 di antaranya Tribun Sumsel, Tribun Jateng, Tribun Timur, Tribun Jambi, Tribun Pekanbaru, Pos Kupang, Wartakota, Tribun Lampung, dan Tribun Jogja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat