androidvodic.com

Demokrat Harap Ada Parpol yang Tetap Berada di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran, Singgung PDIP? - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Partai Demokrat berharap tetap ada oposisi atau partai politik yang berada di luar pemerintahan demi baiknya iklim demokrasi yang tetap mempertahankan check and balances di tingkat legislatif. 

Demokrat pun merasa alangkah baiknya jika ada parpol dengan kekuatan dan massa yang besar berada di luar pemerintahan.

Baca juga: Pengamat Sarankan PKS Jadi Oposisi Bersama PDIP Ketimbang Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal ini disampaikan Sekretaris Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, Andi Mallarangeng dalam diskusi daring Polemik Trijaya bertajuk ‘Demokrasi Tanpa Oposisi?’ pada Sabtu (4/5/2024).

“Saya tidak tahu kalau mas Masinton mau masuk koalisi pemerintahan atau tidak. Tapi rasanya bagus kalau ada satu (parpol) dan cukup besar di luar pemerintahan,” kata Andi.

Namun soal berapa jumlah parpol yang diajak masuk ke dalam pemerintahan, seluruhnya tergantung kehendak Prabowo - Gibran selaku presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Baca juga: Demokrat: Jangan Semua Partai Masuk Koalisi Prabowo-Gibran, Nanti Tak Ada Oposisi

Tapi hemat Andi, kemungkinan Prabowo-Gibran tidak akan mengajak seluruh parpol masuk ke dalam koalisi pemerintahan. Apalagi Demokrat merasa perlu adanya oposisi yang kuat untuk mengimbangi koalisi pemerintahan.

“Tambah satu pun sudah cukup sudah lebih dari 50 persen, tapi sekali lagi tergantung pak Prabowo apakah mau mengajak satu lagu, atau dua, apa tiga. Tapi saya rasa tidak empat-empatnya. Perlu ada juga yang menjadi oposisi,” ungkap dia.

“Perlu oposisi, kalau tidak ada oposisi, semua masuk parlemen, demokrasinya kurang ada check and balances,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat