androidvodic.com

PDIP Singgung Parpol yang Lontarkan Narasi Perubahan Tapi Tak Konsisten, Sindir NasDem dan PKB? - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Politikus PDIP, Masinton Pasaribu menyinggung soal konsistensi dan komitmen dari partai politik atas lontaran narasi mereka selama Pemilu 2024.

Dia mencontohkan, jika sejak awal ada pihak yang melontarkan narasi perubahan, maka semestinya pihak tersebut tetap konsisten pada jalur perubahan meskipun pemilu sudah berakhir.

Baca juga: Ngopi Bareng Masyarakat Aceh, Anies Baswedan Apresiasi Ketulusan Pejuang Perubahan

Hal ini disampaikan Masinton dalam diskusi daring Polemik MNC Trijaya Network bertajuk 'Demokrasi Tanpa Oposisi'?' pada Sabtu (4/5/2024).

"Sebenernya ya kalo saya mau ini, tapi lagi-lagi pertimbangan masing-masing partai lah ya. Politik itu mesti perlu komitmen dan konsistensi. Kalau kita umpama bicara perubahan ya konsisten aja di garis perubahan itu apa aja," kata Masinton.

Baca juga: Surya Paloh Pioner Koalisi Perubahan, Hermawi Taslim: Seharusnya Datang Pembubaran Timnas AMIN

Dengan konsistensi dan komitmen yang dibawa, partai politik dinilai bisa memberikan perspektif dalam hal edukasi politik kepada publik. Menurutnya sikap tersebut bisa membuat Indonesia maju dari sistem demokrasinya.

Di satu sisi, jika sikap yang dipertontonkan hanyalah urusan bagi-bagi kekuasaan dan jabatan, maka pelaksanaan pemilu tidak lagi ada artinya.

"Kalau nggak kita akan terjebak dalam politik itu ya urusan bagi-bagi kekuasaan, jabatan. Kalau kayak gitu ya buat apa ada Pemilu?" terangnya.

Masinton juga menyayangkan jika Indonesia terlihat aktif dalam forum-forum Internasional, tapi urusan sistem demokrasi di negeri sendiri masih banyak persoalan dan masih menggunakan cara-cara primitif.

"Kita ikut dalam G20, ikut dalam forum-forum Internasional, tapi di dalamnya kita menerapkan politik yang bar-bar, dengan cara-cara politik yang masih primitif gitu ya. Ini kan konteksnya nggak nyambung gitu kan lingkup pergaulan kita di Internasional," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat