androidvodic.com

Pengamat Prediksi Eko Patrio Jabat Menparekraf jika Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ini Alasannya - News

News - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, memprediksi bahwa politisi PAN, Eko Patrio bakal menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) jika masuk dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Diketahui, Eko direkomendasikan oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas, untuk menjadi menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran mendatang lewat pernyataan dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay.

Ujang menilai Kemenparekraf adalah pos kementerian yang dianggap olehnya paling mudah dalam membuat kebijakan dan sesuai latar belakang Eko sebagai seorang publik figur.

"Mungkin bisa kalau saya lihat paling ringan, ya (Kementerian) Ekonomi Kreatif karena bisa promosi pariwisata dan lain-lainnya. Kalau saya sih, (Eko) yang cocok di situ," tuturnya kepada News, Selasa (7/5/2024).

Lalu, ketika ditanya apa yang dilihat Zulhas sehingga merekomendasikan Eko menjadi menteri, Ujang menduga keputusan tersebut dilandasi dengan pengalaman Eko sebagai politisi yang sudah cukup lama.

Sebagai informasi, Eko sudah menjadi legislator sejak Pileg 2009 ketika dirinya pertama kali masuk politik.

Selanjutnya, dia terus terpilih menjadi anggota DPR di Pileg 2014 dan 2019.

Sementara, di internal PAN, Eko saat ini menjabat sebagai Ketua DPW PAN DKI Jakarta.

"Kalau Pak Zulhas mengatakan itu (direkomendasikan jadi menteri), ya mungkin Eko Patrio di PAN dianggap sukses sehingga memang layak dijadikan seorang menteri," kata Ujang.

Kendati begitu, Ujang masih mempertanyakan keseriusan Zulhas untuk merekomendasikan Eko untuk masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran.

Adapun keseriusan yang dimaksudnya apakah hal ini hanya akan menjadi wacana atau akan bersifat rekomendasi lewat surat resmi dari PAN dan diserahkan ke Prabowo-Gibran.

Baca juga: Rekam Jejak Eko Patrio, Pelawak Jadi Calon Menteri Prabowo-Gibran, Sudah 4 Kali Jadi Anggota DPR

"Kita tunggu saja apakah Pak Zulhas itu serius, namanya (Eko) ada dalam rekomendasi (menteri) PAN ke Pak Prabowo."

"Tapi kalau sekedar wacana, ya begitu saja, pembicaraan tanpa realisasi," ujarnya.

Sebelumnya, usulan PAN agar Eko menjadi menteri Prabowo disampaikan oleh Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat