androidvodic.com

SYL Sampai Zikir Dengar Pengakuan Anak Buah di Sidang Kasus Korupsinya - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengaku tak perlu dibela atas sederet dakwaan hingga kesaksian beberapa mantan bawahannya di Kementerian Pertanian hingga menyeretnya menjadi terdakwa.

Pernyataan itu disampaikan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat pada Rabu (8/5/2024).

Di persidangan itu, empat anak buahnya memberikan keterangan sebagai saksi terkait aliran uang korupsi yang dimikmati SYL hingga keluarganya.

Empat anak buah SYL itu yakni Direktur Perbenihan Perkebunan Kementan, Gunawan; Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Hermanto; Kasubag Tata Usaha dan Rumga Kementan, Lukman Irwanto; dan Bendahara Pengeluaran Direktorat Jendral Prasarana Sarana Pertanian Kementan, Puguh Hari Prabowo.

"Bismillahirohmanirohim. Yang Mulia, yang kami cintai kami hormati, Pak Jaksa Penuntut Umum, para saksi. Pada kesempatan ini Yang Mulia, saya berharap dijawab dengan hati saja, karena pertanyaanya juga ringan-ringan. Jangan bela saya, saya tidak perlu dibela," kata SYL saat diberi kesempatan oleh Majelis Hakim untuk menanggapi kesaksian empat anak buahnya.

Baca juga: KPK akan Dakwa Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Terima Suap Rp5,9 M dan Gratifikasi Rp100 M

Dalam kesempatan itu, SYL kemudian mencecar empat anak buahnya satu per satu mengenai ancaman jika tidak memenuhi keinginan menteri.

Keempat anak buahnya pun kompak menjawab tidak pernah mendengar ancaman langsung dari SYL.

Namun, perintah untuk memenuhi kebutuhan SYL diperoleh dari atasan mereka secara berjenjang.

"Pernahkan saya mengancam-ancam orang dalam semua pertemuan ‘Kalau kau enggak ikutin saya, saya pecat kamu' pernah enggak?" tanya SYL.

"Secara langsung dari Pak Menteri, Pak SYL tidak," jawab anak buah SYL yang duduk di kursi saksi.

SYL pun lanjut mengungkit soal imbauan anti-korupsi yang kerap didengungkannya selama menjabat Menteri Pertanian.

Keempat anak buahnya pun sama-sama mengamini bahwa SYL imbauan itu kerap disampaikan dalam berbagai kesempatan, seperti Apel Kementerian.

Baca juga: Sidang Kasus Korupsi Eks Menteri SYL: Food Estate Hambat WTP, Kementan Guyur Auditor BPK Rp 5 Miliar

Pada momen pengakuan anak buahnya itulah, SYL kemudian sampai berzikir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat