androidvodic.com

Prabowo Sebut Ada Partai Klaim Bung Karno Milik Mereka, Maksudnya PDIP?  - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menduga pernyataan presiden terpilih, Prabowo Subianto soal ada partai mengklaim Presiden pertama, Soekarno atau Bung Karno milik mereka mengarah ke PDIP.

"Statement Prabowo dari iklim politik memang seolah mengarah pada PDIP," kata Dedi kepada News, Jumat (10/5/2024).

Namun, Dedi menilai PDIP tak keliru jika mengklaim partainya Bung Karno. Sebab, hanya mereka yang konsisten membawa ajaran Bung Karno.

"Tetapi klaim PDIP tidak sepenuhnya keliru, karena faktanya memang hanya PDIP yang sejauh ini konsisten membawa tema pemikiran Soekarno dalam kampanye politiknya," ujarnya.

Sementara partai lain, kata dia, termasuk Gerindra hanya momentum saja mengaitkan Soekarno dengan gerakan politik mereka.

"Meskipun, statement itu bisa ditafsir sebagai ekspresi Prabowo karena hingga kini belum berhasil lunakkan PDIP untuk menerima sekaligus menyokong koalisi pemerintah yang akan ia pimpin ke depan," ujar Dedi.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan ada pihak yang mengklaim jika Bung Karno hanya milik satu partai.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam sambutannya pada acara Bimtek dan Rakornas Pilkada PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024) malam.

Mulanya, Prabowo berbicara bahwa dia merasa didukung banyak presiden Indonesia pada Pilpres 2024 lalu.

"Saya merasa ada 3 presiden yang mengendorse dan dukung saya. Pertama, tentunya udahlah enggak usah malu-malu Presiden Jokowi ya kan, apalagi, benar enggak?" kata Prabowo.

Dia menyebut Jokowi pernah menjadi rival politiknya dalam Pilpres sebelumnya. Namun, kini dia bergabung dalam Pemerintahan Jokowi.

Selain itu, Prabowo juga merasa didukung Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-4, Abdurahman Wahid atau Gus Dur hingga Presiden ke-2, Soeharto.

"Saya juga merasa saya didukung oleh Presiden Gus Dur kan beliau endorse aku terus menerus ya kan. Jadi beliau dukung saya dari langit aku yakin, beliau di belakang saya. Saya kira mungkin Pak Harto dukung saya juga ya," ujarnya.

Prabowo juga merasa didukung Bung Karno. Kendati, ada pihak yang mengklaim sang proklamator itu hanya milik satu partai.

"Walaupun ada yang ngaku-ngaku kan selalu bahwa seolah Bung Karno milik satu partai, tidak, Bung Karno milik seluruh rakyat Indonesia. Feeling saya kayanya beliau juga dukung saya juga kira-kira," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat