androidvodic.com

Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa: Saya Merasa Sepak Bola Cocok di Militer - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (PangKostrad), Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, bahwa olahraga sepak bola sangat cocok untuk di terapkan di militer.

Hal itu disampaikan Pangkostrad Saleh Mustafa saat sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di Markas Besar Kostrad,  Gambir, Jakarta, Senin (13/5/2024).

Mulanya, Saleh mengungkapkan, jika dirinya sangat menggemari olahraga sepak bola sejak kecil. 

Bahkan, ketika di bangku sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dia pernah punya pengalaman mengikuti seleksi klub Persatuan Sepak Bola Indonesia Ternate (Persiter). Dimana, kala itu, di kota kelahirannya menggelar kejuaraan Soeratin. 

Kejuaraan Soeratin merupakan turnamen sepakbola di Indonesia yang diperuntukkan bagi pemain sepak bola yang berusia 18 tahun ke bawah.

"Saya dulu pernah ikut seleksi zaman-zaman dulu waktu SD, SMP ikut seleksi tim sepak bola di Persiter. Tapi Persiter itu persatuan sepak bola (Ternate) termasuk waktu itu juara Soeratin," kata Pangkostrad Saleh.

Karena kecintaan akan olahraga sepak bola, Saleh melihat bahwa olahraga yang populer di kalangan masyarakat ini terus berkembang setiap harinya.

Dia bahkan punya pandangan jika sepak bola sangat cocok di terapkan di militer.

"Berkembang-berkembang ke sini ya saya merasa bahwa olahraga bola ini cocok untuk di militer," ucap Saleh.

Mantan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih ini pun menjelaskan soal olahraga sepak bola cocok diterapkan di militer.

Menurutnya, dia menilai bahwa tim sepak bola akan meraih kemenangan jika seluruh pemain dalam satu tim menunjukan kerja sama yang baik. 

"Kenapa cocoknya? karena dia tidak individual. Kemudian untuk meraih kemenangan dia harus membangun kerjasama bukan individual, skillnya yang ditunjukkan," ucapnya.

"Lihat aja Messi, jika dia bermain di semua, Barcelona dia merasa bahwa dia one man show dia ingin membuktikan bahwa dia bukan one man show. Dia adalah playmaker, dia adalah orang yang selalu memberikan terciptanya suatu kemenangan masuklah dia ke Miami," sambung dia.

Saleh pun mengungkapkan tim sepak bola favoritnya saat ini.

"Saya Barcelona. Kalau di Inggris saya Manchester City. Kalau sekarang saya jadi penasihat Maluku Utara United," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat