androidvodic.com

Sosok Kepala Bea Cukai Purwakarta yang Dibebastugaskan Setelah Dilaporkan ke KPK, Terkait Kasus Apa? - News

News, JAKARTA - Berikut sosok Kepala Bea Cukai Purwakarta Rahmady Effendy yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bergerak cepat dan langsung membebastugaskan yang bersangkutan setelah masuknya laporan ke KPK.

Sebagai informasi, Rahmady Effendy dilaporkan ke KPK oleh Pengacara dari Eternity Global Law Firm, Andreas, atas dugaan tak menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) secara benar.

Pihak Kementerian Keuangan dalam hal ini Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea dan Cukai, Nirwala Dwi Heryanto mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan internal kepada Rahmady Effendy.

"Bea Cukai telah melakukan pemeriksaan internal terhadap pejabat yang bersangkutan. Hasil pemeriksaan menemukan indikasi terjadinya benturan kepentingan yang juga turut melibatkan keluarga yang bersangkutan," katanya dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Kemudian, ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan itu REH dibebastugaskan untuk mempermudah proses pemeriksaan lebih lanjut.

"Pembebastugasan ini berlaku efektif sejak tanggal 9 Mei 2024."

Terkait pelaporannya soal Rahmady ke KPK, Andreas menduga pejabat Bea Cukai itu tidak memasukkan seluruh harta kekayaan miliknya di LHKPN.

Adapun masalah itu bermula ketika Rahmady melakukan bisnis ekspor impor pupuk dengan klien Andreas, Wijanto Tirtasana pada tahun 2017 terkait ekspor impor pupuk di PT MCA.

Kemudian Wijanto mendapat pinjaman uang senilai Rp7 miliar dari Rahmady dengan syarat agar istri Rahmady dijadikan komisaris utama dan memegang saham 40 persen.

Namun dalam perjalanannya, Rahmady disebut tidak memasukkan pinjaman uang tersebut ke LHKPN KPK.

Kemudian di 2017, Rahmady melaporkan kekayaan sebesar Rp 3,2 miliar, bahkan hingga 2022 total harta Rahmady hanya Rp 6,3 miliar.

Belakangan Rahmady telah membantah hal itu.

Ia mengaku sangat dirugikan dengan tuduhan yang dilontarkan Wijayanto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat