androidvodic.com

Gubernur Mahyeldi Ungkap Rencana Presiden Jokowi Tinjau Korban dan Lokasi Banjir di Sumbar  - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi), turun langsung meninjau lokasi bencana banjir bandang dan para korban terdampak di Sumbar.

Mahyeldi menyebut rencananya kepala negara akan meninjau korban banjir di Sumbar pada 21 Mei 2024.

"Insyaallah tanggal 21 (Mei), Pak Presiden berdasarkan informasi dari Kepala BNPB akan berkunjung ke Sumbar," kata Mahyeldi, ditemui usai beraudiensi dengan Komisi V DPR, di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Ada pun hingga kini, total korban banjir di Sumbar sebanyal 67 orang meninggal, sementara 20 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

"Korban yang meninggal kemarin ada 67 orang," ujar Mahyeldi.

Minta Dana Rp 1,5 Triliun untuk Penanggulangan Bencana

Dalam audiensi dengan Komisi V DPR, Gubernur Mahyeldi memaparkan sejumlah hal untuk menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Sumbar.

Baca juga: OPM Kembali Berulah, Kali Ini Tembak Mati Warga Sipil di Intan Jaya

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi meminta bantuan anggaran senilai Rp 1,5 Triliun. Dana tersebut untuk memperbaiki akses jalan yang terputus akibat tanah longsor, hingga pembangunan cekdam di aliran sungai Gunung Marapi.

"Sebenarnya sudah saya rencanakan beberapa tahun yang lalu mudah-mudahan kita harapkan bisa dilaksnaakan sabodam ini, sehingga bisa meminimalsiir korban dan efek dari longsoran banjir apalagi ini lahar dingin yang berpotensi yang akan berakibat kepada masyarakat," ujarnya.

"Secara total tadi ada lebih kurang 1,5 Triliun," tandasnya.

Baca juga: Pengungsi banjir Sumbar terancam tiga gelombang penyakit, mulai dari penyakit menular hingga stres pascatrauma - Jika ada hujan saya sangat takut

Ada pun pada audiensi itu, Komisi V DPR yang hadir yakni Wakil Ketua Komisi V DPR Muhammad Iqbal dan anggota Komisi V DPR Syahrul Aidi Mazaat.

Caption: Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menghadiri audiensi dengan Komisi V DPR membahas penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor, Kamis (16/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat