androidvodic.com

Water Salute Sambut Pesawat Super Hercules C-130J Kelima Pesanan Kemhan Saat Tiba di Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Disambut water salute, pesawat kelima C-130J-30 Super Hercules TNI AU dengan tail number A-1342 yang merupakan pesawat angkut militer produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) tiba di Apron Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Water salute tersebut merupakan tradisi penyambutan yang dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kedatangan pesawat tersebut juga disambut langsung Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra.

Andyawan yang didampingi sejumlah pejabat TNI AU dan Kapus Alpalhan Baranahan Kemhan Marsma TNI Yusran Lubis kemudian mengalungkan selempang batik kepada pilot dan crew pesawat.

Mereka kemudian melakukan refreshment di Ruang Bima, Gedung Pandawa Lanud Halim Perdanakusuma.

"Penerbangan ferry pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 ini bergerak dari Marietta–San Diego–Honolulu–Marshal Island–Guam–Lanud Halim Perdanakusuma. Penerbangan ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Mayor Pnb Ulung P dan Lettu Tek Diky," kata keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan pada Kamis (16/5/2024).

Baca juga: Pesawat Super Hercules C-130 J Kelima dari AS Segera Tiba di Indonesia 

"C-130J-30 Super Hercules ini merupakan pesawat terakhir dari pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk memperkuat TNI AU. Empat pesawat sebelumnya telah tiba pada bulan Maret, Juni, Agustus 2023 dan Januari 2024 untuk memperkuat Skadron Udara 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma," sambung keterangan tersebut.

Pesawat tersebut tiba sehari lebih cepat dari jadwal termutakhir.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Karo Humas Setjen Kemhan) Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha sebelumnya mengatakan pesawat kelima yang dipesan Kemhan dari pabrikan pesawat asal Amerika Serikat (AS) Lockheed Martin akan tiba pada Jumat (17/5/2024).

Pesawat tersebut, kata dia, rencananya diterbangkan dari AS pada Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Jokowi Tepuk Tangan Saksikan Penyerahan Pesawat Super Hercules dari Menhan Prabowo kepada KSAU

"Rencana awal berangkat dari Amerika Serikat pada tanggal 10 Mei 2024 dan tiba di tanah air tanggal 17 Mei 2024," kata Edwin saat dihubungi News pada Senin (6/5/2024).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan secara simbolik miniatur kunci pesawat Super Hercules C-130-J baru kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo disaksikan Presiden Joko Widodo di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Rabu (24/1/2024) lalu.

Sebelum diserahkan kepada KSAU, Presiden meresmikan pesawat tersebut dengan tradisi buka tirai logo skadron, dan pecah kendi di depan ban pesawat, serta siram air kembang di hidung pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat