androidvodic.com

Jokowi Tepuk Tangan Saksikan Penyerahan Pesawat Super Hercules dari Menhan Prabowo kepada KSAU - News

Laporan Wartawan News, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penyerahan sejumlah Alutsista yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada TNI di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Jokowi tiba sekitar pukul 08.00 WIB.

Kedatangan Presiden tersebut disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Tiba di lokasi, Presiden langsung meninjau Pesawat C-130J-30 Super Hercules yang akan diserahkan Menhan kepada TNI AU.

Presiden masuk ke dalam pesawat angkut tersebut didampingi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca juga: Didampingi Pakde Karwo dan Emil Dardak, Menhan Prabowo Resmikan 15 Titik Sumur Bor di Madura

Setelah meninjau pesawat Hercules, Jokowi juga meninjau hasil refurbishment helikopter Fennec yang akan diserahkan Menhan kepada TNI AD.

Presiden meninjau Helikopter tersebut sambil mendengarkan penjelasan dari KSAD Maruli Simanjuntak

Setelah itu Presiden juga meninjau helikopter Panther AS 565 MBE yang diserahkan Menhan kepada TNI AL.

Presiden melihat Helikopter berwarna abu tersebut sambil mendengarkan penjelasan dari KSAL Muhammad Ali.

Sebelum menyaksikan penyerahan pesawat, Jokowi terlebih dahulu melakukan prosesi pembukaan tirai, pemecahan kendi, dan penyiraman air bunga terhadap pesawat Hercules terbaru itu.

Untuk diketahui Pesawat Hercules yang diserahkan Ini merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat armada pesawat TNI AU.

Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini diterbangkan ke tanah air dari pabriknya di Marietta, Georgia, Amerika Serikat pada tanggal 16 Januari 2023 dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 22 Januari 2024.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya dengan menggunakan teknologi glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop dengan kecepatan mencapai 410 MPH atau 356 KTAS.

Pesawat C-130J-30 Super Hercules dipilih oleh Kementeria Pertahanan karena sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia yang memiliki wilayah sangat luas dan banyak runway pendek. C-130J-30 Super Hercules mampu terbang selama 11 jam nonstop serta melakukan take off dan landing pada runway yang pendek.

Pesawat C-130J-30 memiliki max take of weight 164.000 lbs, lebih unggul dibandingkan dengan versi sebelumnya yaitu C-130-H yang memiliki take of weight 155.000 lbs.

Pada kesempatan itu, Menhan Prabowo langsung menyerahkan secara simbolis pesawat Super Hercules kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Presiden Jokowi tampak bertepuk tangan saat  penyerahan secara simbolik tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat