androidvodic.com

BAZNAS Bersama Penyintas Banjir Bandang Sumbar Gelar Doa Bersama - News

News - Sebagai wujud perhatian dan dukungan terhadap para korban bencana banjir Sumatra Barat (Sumbar), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar dzikir dan doa bersama pada Minggu (19/5/2024) di Masjid Ubudiyah, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan dzikir dan doa bersama tersebut dihadiri Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum
SE, MIDEc, Ak, CA, CPA, CWM, Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Tanah Datar Drs. Agusril, serta Deputi 2 Bidang Pendistribusian dan Pandayagunaan BAZNAS, Dr. H.M. Imdadun Rahmat, M.Si.

Selain itu, turut hadir Pimpinan BAZNAS Provinsi Sumatra Barat, Pimpinan BAZNAS Kabupaten Tanah Datar, Wali Nagari Parambahan, Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri, pengurus DKM Masjid Ubudiyah dan masyarakat penyintas korban banjir bandang di Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua BAZNAS Mokhamad Mahdum menguatkan para korban dengan mengajak untuk selalu berusaha melihat hal positif dari setiap peristiwa yang terjadi.

Mo Mahdum meyakini, bahwa selalu ada kemudahan dalam setiap kesusahan, sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Insyirah.

Baca juga: Baznas Lakukan Asesmen dan Bantu Warga Bersihkan Bangunan Roboh akibat Gempa di Garut

"Allah Swt selalu memberikan makna dibalik sebuah peristiwa. Siapa tahu ini cara Allah mencintai kita. Sebagaimana yang dijelaskan dalam surah Al-Insyirah bahwa di balik kesusahan itu pasti ada kemudahan," ujar Mo Mahdum.

Mo Mahdum mengatakan, BAZNAS sudah menyiapkan tiga armada untuk membantu memenuhi keperluan para penyintas banjir bandang di Sumbar.

"Kami hari ini datang dengan tiga armada bantuan, yang pertama kami menyiapkan mobil tanggap bencana, kalau ada kasur yang belum ketemu atau buku-buku berserakan, tim kami bisa mencarikan. Yang kedua kita menyiapkan mobil dapur umum, kita masak disini. Jadi bisa keliling, artinya dapur keliling. Yang ketiga, kita mobil klinik, jadi jangan khawatir, kalau ada yang sakit atau butuh obat bisa kesini," katanya.

Selain itu, BAZNAS juga terus menyuarakan bantuan untuk warga Sumbar kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui pembuatan rekening khusus peduli bencana Sumbar.

"Minggu lalu kita secara resmi mengumumkan ke seluruh Indonesia bahwa BAZNAS membuka khusus rekening peduli bencana Sumbar. Semua hasilnya itu akan digunakan untuk membantu meringankan bapak-ibu semua yang terkena dampak bencana. Apa yang terjadi disini adalah derita kita bersama, sakitnya bapak-ibu kita rasakan bersama," lanjutnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Tanah Datar Agusril menyampaikan apresiasi terhadap bantuan yang diberikan oleh  BAZNAS. Menurutnya, BAZNAS telah banyak membantu pemerintah daerah, serta selalu terdepan dalam merespons bencana, menyalurkan bantuan, pertolongan, dan sebagainya.

“Kami terima kasih sekali atas nama pemerintah daerah kepada jajaran BAZNAS. Kami juga berharap BAZNAS memberikan perannya dalam kunjungan Presiden RI pada Selasa besok,” pungkasnya.

BAZNAS RI telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumbar dengan mendirikan dapur umum dan menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah, yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, BAZNAS RI telah melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kp. Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam untuk memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat. Tim BAZNAS juga telah menyalurkan selimut, sembako, dan bantuan lainnya.(*)

Baca juga: BAZNAS Telah Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp43 Miliar untuk Palestina

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat