androidvodic.com

Baznas Hadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik Layani Penyintas Korban Banjir Bandang Sumbar - News

Laporan Wartawan News, Rahmat W Nugraha

News, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI hadirkan Mobil Dapur Umum dan Mobil Klinik untuk melayani penyintas korban banjir bandang Sumatra Barat.

Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum mengatakan Mobil Dapur Umum merupakan inovasi Baznas untuk melayani kebutuhan makanan segar fresh bagi korban dan penyintas banjir bandang Sumbar.

Baca juga: BAZNAS Bersama Penyintas Banjir Bandang Sumbar Gelar Doa Bersama

"Mobil ini didesain khusus dapat bergerak dan berpindah-pindah ke lokasi bencana, terutama yang sulit terjangkau dalam melayani Mustahik," kata Mahdum dalam keterangannya, Senin (20/5/2024).

Selain Mobil Dapur Umum, Mahdum menambahkan, Baznas juga menghadirkan inovasi terbaru dalam melayani Mustahik yaitu Mobil Klinik.

Kehadiran mobil tersebut dikatakannya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada para Mustahik di lokasi pengungsian yang sukit terjangkau, seperti banjir bandang yang melanda Sumatera Barat.

"Jadi mereka tidak harus datang ke Baznas. Tetapi Baznas yang langsung mendatangi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk para Mustahik khususnya di daerah pengungsian," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan bahwa Mobil Klinik dihadirkan untuk melayani konsultasi dan layanan kesehatan.

Baca juga: Korban jiwa banjir bandang dan lahar di Sumbar mencapai 61 orang, tim penolong masih mencari puluhan orang yang dilaporkan hilang

"Mustahik dapat melakukan pemeriksaan mulai cek darah, tensi, infus dan seterusnya itu ada di Mobil Klinik Baznas," ucapnya.

Baznas sendiri telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumbar dengan mendirikan dapur umum yang menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, Baznas telah menyalurkan selimut, sembako, pembuatan jembatan darurat, dan bantuan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat