androidvodic.com

Gantikan Yusril, Fahri Bachmid Diharapkan Jadikan Partai Bulan Bintang Wadah Kepentingan Publik - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Logis 08 Anshar Ilo mengucapkan selamat kepada Fahri Bachmid yang terpilih sebagai Penjabat (Pj) Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) menggantikan Yusril Ihza Mahendra yang mundur dari jabatannya.

Fahri Bachmid sendiri terpilih melalui mekanisme organisasi partai yakni Musyawarah Dewan Partai (MDP) sebagai struktur tertinggi PBB di bawah Muktamar sehingga prosesnya dianggap sah dan konstitusional, di DPP PBB, Jakarta pada Sabtu (18/5/2024) malam.

"Kami menyambut baik dan memberikan selamat kepada Pak Fahri Bachmid atas amanah yang diemban sebagai Penjabat Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) menggantikan Pak Yuzril Ihza Mahendra," ungkap Anshar kepada wartawan, Selasa (21/5/2024).

Menurutnya Fahri Bachmid merupakan sosok tepat menakhodai PBB, utamanya jelang Pilkada Serentak 2024 yang dihelat pada 27 November mendatang.

Anshar pun berharap PBB yang memiliki histori panjan dalam perpolitikan nasional bisa menjadi parpol modern dan terbuka serta terus mengagregasi kepentingan publik.

"PBB adalah salah satu partai yang memiliki histori panjang dalam perpolitikan nasional sehingga penting untuk dilakukan rejuvenasi kepemimpinan agar ke depan partai bisa tampil maksimal dalam setiap momentum politik," ungkap dia.

Sebagaimana diketahui, Yusril Ihza Mahendra mundur dari posisi Ketua Umum PBB. Dia mengundurkan diri lewat sidang Musyawarah Dewan Partai (MDP) di DPP PBB, Jakarta pada Sabtu (18/5/2024) malam.

Permintaan pengunduran diri Yusril diterima oleh peserta MDP yang terdiri atas DPP PBB, Dewan Pimpinan Wilayah serta badan-badan khusus dan otonom PBB. Seluruhnya berjumlah 49 suara dalam pengambilan keputusan.

Dalam pemungutan suara itu, Ketua Mahkamah Partai PBB Fahri Bachmid mendapat dukungan 29 suara, sementara Sekjen PBB Afriansyah Noor memperoleh dukungan 20 suara. 

"Dengan demikian, sesuai ART PBB, MDP mensahkan Dr Fahri Bachmid menjadi Penjabat Ketua Umum PBB sampai terpilihnya Ketua Umum PBB definitif hasil Muktamar PBB yang akan datang, yang disepakati MDP akan dilaksanakan selambat-lambatnya akhir Januari 2025," kata Yusril dalam keterangannya, Minggu (19/5/2024).

Sementara Fahri Bachmid mengaku siap mengemban amanah baru ini.

Fahri menjelaskan salah satu tugas yang akan segera dilaksanakan sebagai penjabat Ketum PBB adalah menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Dia ingin segera menjaring bakal calon kepala daerah dari PBB.

Baca juga: Klarifikasi Yusril soal Kabar Mundur dari PBB Demi Jadi Jaksa Agung di Pemerintahan Prabowo

“Partai PBB dapat menyelesaikan agenda teknis penjaringan calon-calon Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah dalam rangka Pilkada langsung tahun 2024 berjalan lancar serta sukses," kata Fahri, Minggu (19/5).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat