androidvodic.com

Pesan Mensos Risma pada Peringatan Hari Lansia Nasional di Aceh Utara - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA – Kementerian Sosial akan menyelenggarakan peringatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2024 di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam pada 29 Mei 2024.

Kegiatan bertema "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat," ini berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia.

"HLUN yang berlangsung di Aceh Utara merupakan salah satu bentuk kepedulian Kementerian Sosial terhadap warga lanjut usia," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini melalui keterangan tertulis, Minggu (26/5/2024).

Risma mengungkapkan HLUN akan berfokus pada beberapa sub tema.

Salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Pemenuhan hak sipil juga menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan," kata Risma.

Hingga Sabtu, 25 Mei 2024, Kemensos bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyediakan layanan perekaman KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia.

Layanan ini memungkinkan perekaman door to door bagi lansia yang tidak bisa datang ke lokasi perekaman.

Selain itu, Kemensos menfasilitasi isbat nikah dan pembuatan akta nikah lansia.

Baca juga: Semua Usia Perlu Vaksinasi, PAPDI Harap Vaksin untuk Lansia Ditanggung BPJS Kesehatan

Kemensos juga berfokus pada peningkatan aksesibilitas lansia dengan menyalurkan alat bantu seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar.

"Harapannya, bantuan ini dapat membantu memudahkan activity daily living. Bagi lansia potensial, Kemensos mendorong kreativitas dengan memberikan pelatihan, pameran hasil karya, dan pemberian bantuan modal usaha. Kemensos juga membangun kembali rumah lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST)," ucapnya.

Sementara itu, untuk meningkat kepedulian kepada lansia, Kemensos meluncurkan program Kemensos Goes to School manargetkan siswa sekolah. Kemensos juga menyelenggarakan pemilihan duta lanjut usia.

Baca juga: Perawat Lansia: Banyak Dibutuhkan, Tapi Kurang Diapresiasi

Rangkaian HLUN 2024 sudah dimulai sejak 1 Mei 2024 dan acara puncak akan diselenggarakan pada 29 Mei 2024. Pada acara puncak, 27 Kecamatan di Aceh Utara dan beberapa titik di seluruh Indonesia akan terhubung melalui teleconference.

Sejak awal Mei kemaren, sebanyak 4.982 lansia di Kabupaten Aceh Utara sudah menjalani asesmen kebutuhan.

Beberapa diantara sudah mendapatkan intervensi seperti pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan bantuan kewirausahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat