androidvodic.com

Kala Surya Paloh Sedih SYL Pakai Duit Kementan, tapi Dukung Kegiatan NasDem Gunakan Uang Kementerian - News

News - Ketua Partai NasDem, Surya Paloh, terseret dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat eks kadernya sekaligus Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau SYL.

Hal ini diketahui dari pernyataan Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai NasDem, Joice Triatman, saat dihadirkan menjadi saksi dalam persidangan lanjutan terkait perkara yang menjerat SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

Dalam kesaksiannya, Joice menyebut Surya Paloh mengetahui kegiatan organisasi sayap NasDem, Garda Wanita (Garnita) Malahayati, dimodali Kementan.

Mantan kontestan Miss Indonesia itu mengungkapkan Surya Paloh dapat mengetahui hal tersebut lantaran dirinya selalu melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan oleh Garnita.

Ditambah, kegiatan Garnita tersebut selalu di-update lewat berbagai media sosial milik Partai NasDem.

Kendati mengetahui, Surya Paloh justru mengaku tidak-tahu menahu ketika uang Kementan justru digunakan oleh SYL dan keluarganya.

Bahkan, dia juga bingung SYL sampai hati menyalahgunakan uang Kementan saat masih menjabat sebagai menteri di institusi negara tersebut.

Surya Paloh bahkan menyatakan mampu jika memang SYL memintanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Surya Paloh Tahu dan Dukung Kegiatan NasDem Dibiayai Kementan

Pada kesaksiannya, Joice menyebut Surya Paloh mengetahui kegiatan Garnita Malahayati didanai oleh Kementan.

Hal ini diketahui ketika dirinya ditanya oleh kuasa hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen, pada persidangan yang digelar kemarin.

Awalnya, Djamaludin menanyakan terkait pengetahuan Surya Paloh soal program kegiatan yang digelar Garnita. Joice pun mengamini hal tersebut.

Baca juga: Dalih SYL soal Hubungannya dengan Biduan Nayunda Nabila: Saya Merasa Utang Budi, Demi Allah

"Beliau (Surya Paloh) tahu tidak terkait aktivitas Garnita ini?" tanya Djamaludin.

"Tahu," jawab Joice.

Lantas, Djamaludin mendalami pernyataan Joice tersebut dengan bertanya seberapa tahu Surya Paloh terkait kegiatan Garnita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat