androidvodic.com

Gelar Dies Natalis ke-62, GAMKI Beri Penghormatan kepada Senior Hingga Tokoh Lintas Agama - News

News, JAKARTA - Ada yang berbeda dalam Dies Natalis ke-62 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) tahun ini. 

Pada perayaan Dies Natalis yang digelar di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, beberapa waktu lalu, Dewan Pimpinan Pusat GAMKI memberikan penghargaan kepada dua belas figur inspiratif melalui apresiasi bertajuk ’GAMKI Award’. 

”Kami menghaturkan GAMKI Award untuk mengingat bahwa ada figur-figur inspiratif yang bekerja di tengah-tengah masyarakat sesuai bidang keahliannya. Mereka memberikan manfaat dan pengabdian nyata kepada masyarakat Indonesia,” kata Sekretaris Umum DPP GAMKI Alan Christian Singkali dalam keterangan persnya, Minggu (2/6/2024).

Alan menyampaikan, GAMKI berupaya meneladani orang-orang tersebut dengan terlebih dahulu memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi, spirit, dan prestasi yang sudah ditorehkan, terutama mereka yang selama ini bekerja dalam senyap. 

"Kami memberikan penghargaan figur inspiratif bidang Perdamaian dan Kerukunan Antar Agama kepada Abuya Ahmad Muhtadi Dimyathi, Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum Cidahu. Selain itu kepada Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas sebagai figur inspiratif bidang Pejabat Publik Pengamal Pancasila, serta 10 figur inspiratif lainnya," jelas Alan.

Mewakili penerima penghargaan, Lamtiar Simorangkir menyampaikan apresiasinya atas GAMKI Award ini.

”Saya kaget saat dihubungi untuk menerima penghargaan ini. Apa yang saya lakukan belum terlalu signifikan, tapi penghargaan ini mengingatkan saya untuk terus berkarya dan menginspirasi banyak orang,” kata sutradara dan penulis skenario film itu. 

Lamtiar mengungkapkan, ia memiliki komunitas filmmaker untuk mengangkat isu-isu penting di masyarakat, seperti terkait cerita tentang narapidana hamil serta anak-anak yang dibesarkan di penjara. 

”Semoga film-film ini bisa menjadi tempat diskusi yang aman untuk perbaikan bangsa dan negara. Kami ingin generasi muda, apapun latar belakang dan pekerjaan kita, untuk bisa berkontribusi terhadap negara yang kita cintai sekecil apapun. Semoga GAMKI terus melaju membangun bangsa dan negara kita,” urai Lamtiar. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat menyatakan, GAMKI Award diberikan sebagai penghormatan kepada para senior dan sahabat lintas agama yang aktif memberikan inspirasi di setiap medan layan. 

Menurut Sahat, dengan penghargaan GAMKI Award ini, kita bisa memahami masih banyak figur yang melakukan pembaharuan dan perubahan di berbagai bidang. Mereka ini terus berusaha dan bergerak di jalan sunyi, jarang terliput hiruk-pikuk media, tapi terus berkarya sesuai talenta masing-masing. 

”Inilah apresiasi yang bisa kami berikan kepada para penerima GAMKI Award, dan kita para generasi muda yang lain, bisa mengerjakan karya-karya dan menuliskan sejarah sesuai talenta yang diberikan Tuhan,” tutur Sahat. 

Dies Natalis GAMKI dihadiri berbagai tokoh seperti Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Janedjri M. Gaffar, Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan, mantan Ketua Umum GAMKI Sahat Sinaga dan Dating Palembangan, Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt. Paulus Kariso Rumambi, Pdt Saut Sirait, Johny Nelson Simanjuntak, Ketua Umum Pewarna Yusuf Mujiono, Ketua Umum API Pdt. Harsanto Adi, serta rekan-rekan organisasi kepemudaan lain.

Baca juga: Perayaan Paskah Nasional GAMKI, Gibran Tekankan Pentingnya Peran Pemuda Jaga Kerukunan Umat

Berikut ini daftar lengkap figur inspiratif penerima GAMKI Award 2024: 

1. Figur Inspiratif Bidang Kesehatan: Timbul Siregar (BPJS Watch);
2. Figur Inspiratif Bidang Pendidikan: Prof. Murpin Josua Sembiring (Rektor Universitas Ma Chung 2019 – 2023);
3. Figur Inspiratif Bidang Pemberdayaan Perempuan: Pdt. Heemlyvaartie D. Danes (Sekjen KOMNAS Perempuan);
4. Figur Inspiratif Bidang Pemberdayaan Masyarakat: Margaretha Tabitha Andoe (Sekjen YMCA Indonesia);
5. Figur Inspiratif Bidang Kebudayaan: Lamtiar Simorangkir (penulis film Invisible Hope);
6. Figur Inspiratif Bidang Politik: Maurits Mantiri (Walikota Bitung);
7. Figur Inspiratif Bidang Hukum dan HAM: Erasmus AT Napitupulu (Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform/ICJR);
8. Figur Inspiratif Bidang Lingkungan Hidup: Yanedi Jagau (Pendiri The Borneo Institute); 
9. Figur Inspiratif Bidang Perdamaian dan Kerukunan Antar Agama: Abuya Ahmad Muhtadi Dimyathi (Pengasuh Ponpes Roudatul Ulum Cidahu);
10. Figur Inspiratif Bidang Gerakan Ekumene: Sigit Triyono (Sekretaris Umum Lembaga Alkitab Indonesia);
11. Figur Inspiratif Pejabat Publik Pengamal Pancasila: KH. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama Republik Indonesia);
12. Figur Inspiratif Pejabat Publik Pengamal Pancasila: Togap Simangunsong (Plh. Dirjen Polpum Kemendagri).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat