androidvodic.com

Contoh Teks Khutbah Jumat dengan Tema Bulan Zulhijjah - News

News - Berikut contoh teks khutbah Jumat yang cocok dibawakan saat menjelang datangnya bulan Zulhijjah.

Contoh teks khutbah Jumat ini berjudul Menyambut Bulan Zulhijjah yang Penuh Berkah.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi terkait kemuliaan bulan Zulhijjah.

Pasalnya, diketahui bahwa Zulhijjah termasuk satu di antara Asyhurul Hurum (Bulan Haram atau Mulia).

Lebih lengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman UIN Sunan Gunung Djati Bandung berikut ini:

Khutbah Pertama

الْحَمْدُ للهِ وَكَفَى، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُولِهِ الْـمُصْطَفَى، وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى. أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَه، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه، اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيّ الْأُمِّـيِّ وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمُ تَسْلِيْاً كَثِيْرًا أَمَّا بَعْدُ: فَيَا اَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ ,اُوْ صِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَى اللَّهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ

Segala puji hanya milik Allah Swt, karena tiada kenikmatan yang diberikan kepada kita, di luar dari kebesaranNya. Bahkan tanpa rida dan kehendak Allah Swt, kita tidak akan mampu berkumpul dalam majelis khotbah dan salat Jumat yang penuh berkah ini.

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah Swt, dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangannya. Apabila kita berbuat doa, segera kembali ke jalan yang benar dan meminta ampunan kepada Allah Swt. Khatib dalam khotbah ini akan menyampaikan menyambut Zulhijah.

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Baca juga: Teks Khutbah Jumat 7 Juni 2024: Hikmah Datangnya Bulan Dzulhijjah

Umat Islam besok pada Sabtu, 8 Juni 2024 akan memasuki tanggal 1 Zulhijah 1445 H satu hari mendatang. Zulhijah adalah bulan yang istimewa Mengapa Tidak? Karena termasuk asyhurul hurum. Bulan Zulhijah Termasuk Salah Satu Asyhurul Hurum (Bulan Haram atau Mulia),

Mengutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun yang disusun oleh Ust. Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, bulan Dzulhijjah termasuk salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. menjelaskan keistimewaan bulan Zulhijah dalam Surah At-Taubah ayat 36 sebagai berikut:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya [terdapat] empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama-sama orang yang bertakwa,” (QS. At-Taubah [9]: 36).

Disinilah Zulhijah Termasuk Salah satu Asyhurul Hurum (Bulan Haram atau Mulia) Dalam penanggalan islam terdapat bulan yang disebut 4 bulan haram. 4 bulan itu diantaranya Bulan Muharram, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab. Bulan Istimewa.

Hadirin kaum muslimin, jemaah Jumat rahimakumullah,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat