androidvodic.com

Di Persidangan, SYL Mengaku Honornya Full Dipegang Ajudan - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkapkan bahwa honornya sebagai aparatur sipil negara (ASN) full dipegang para ajudannya.

Hal demikian diungkit SYL saat mantan anak buahnya, Abdul Malk Faizal sebagai Staf Ahli Gubernur Sulawesi Selatan Bidang Pemerintahan Subbidang Hukum menjadi saksi a de charge atau meringankan.

SYL yang duduk di kursi terdakwa, berupaya mengkonfirmasi kepada Malik mengenai ke mana perginya uang honornya sebagai ASN, terlebih saat menjabat Gubernur Sulsel.

Malik pun mengkonfirmasi bahwa uang honor SYL langsung diserahkan kepada ajudan dan dimasukkan ke dalam tas yang tidak dikunci.

"Honor-honor itu kamu pegang atau ditaruh di tas? Tas itu dikunci atau terbuka saja dipegang oleh ajudan?" tanya SYL dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (10/6/2024).

"Tidak terkunci," jawab Malik.

Dengan demikian, para ajudan, menurut Malik dapat langsung mengambil uang itu untuk membayar berbagai kebutuhan pribadi SYL.

"Setiap saat ajudan atau kamu boleh ambil dalam tas itu?" tanya SYL.

"Setiap saat bisa diambil," kata Malik.

Namun Malik mengaku tidak mengetahui nominal pasti dari honor yang diterima SYL sebagai ASN.

SYL pun disebut Malik tak pernah menghitung jumlah honor yang diperolehnya.

Sebab uang tersebut selalu langsung dimasukkan ke dalam tas.

"Kamu kan yang pegang semua honor saya, bagi hasil pajak saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, sebagai bupati, kan bupati dapat seperti itu. Honor ini kamu kumpul Malik, kemudian saya hitung-hitung enggak?" kata SYL.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat