androidvodic.com

Orang Tua Keluhkan Kartu Keluarga Saat Daftar PPDB Online: Selalu Gagal Saat Verifikasi - News

Laporan Wartawan Warta Kota Live, Nuri Yatul Hikmah

News, JAKARTA - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) tahun 2024 sudah dimulai. Namun banyak orang tua siswa yang mengalami kesulitan dan mendatangi posko pengaduan.

Baca juga: Cara Lapor Diri PPDB Jakarta 2024, Login ppdb.jakarta.go.id

Salah satunya di SMAN 78 Jakarta. Sejumlah orang tua sengaja datang untuk berkonsultasi atau melakukan pendaftaran langsung di posko lantaran merasa gagap teknologi (gaptek).

Ketua Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan Palmerah, Joko Sunarko memastikan bahwa pihaknya akan melayani semua orang yang datang ke posko apapun keluhannya.

"Alhamdulillah semua berjalan lancar, mulai dari kemarin sampai hari ini. Sekarang mereka intinya, mungkin permasalahan tidak seperti awal karena sekarang hanya mendaftar pilihan," kata Joko saat ditemui di SMAN 78, Palmerah, Jakarta Barat, Kamis(13/6/2024).

Baca juga: Pengumuman PPDB Jakarta 2024 SMA Jalur Prestasi, Cek di Ppdb.jakarta.go.id

Menurut Joko, para orang tua siswa yang datang mayoritas menanyakan masalah kendala teknis KK (kartu keluarga) yang ganda. Selain itu, ada pula orang tua yang menanyakan kendala terkait akun pendaftaran putra/putrinya yang belum kunjung terverifikasi.

"Kemudian dia tidak membawa KK yang lama, karena itu kan ada keterbatasan minimal 1 tahun," ujar Joko.

"Macam-macam, ada yang mau bertanya tentang umpamanya dari awal, PTO seperti apa, persyaratannya bagaimana, harus menjelaskan di sini dengan tuntas," lanjutnya.

Menurut Joko, persyaratan semacam itu menjadi penting dan krusial lantaran apabila siswa tidak memenuhi runtutan syarat tersebut, maka kemungkinannya bisa masuk ke sekolah negeri akan sirna.

"Itu kan semua sesuai persyaratan yang harus dijalankan. Kalau memang mereka KK-nya tidak memenuhi syarat satu tahun, mereka harus ke sekolah swasta," jelas Joko.

Kendati demikian, Joko menyebut jika semua sekolah adalah sama.

Baca juga: 7 Link Download Format Surat Keterangan PPDB Jateng 2024: Kebenaran Dokumen hingga Pernyataan Sehat

Hanya saja, apabila masuk ke sekolah negeri, maka siswa bisa mendapat keringanan biaya dalam hal pembayaran sekolah.

"Kan semua ada persyaratannya. Kita mau ke sekolah itu persyaratannya (apa), kalau mau enggak memenuhi syarat ya kita enggak boleh memaksakan, kita enggak boleh nerobos. Harus ikuti peraturan," jelas Joko.

Sementara itu, kakak dari salah satu calon siswa, Dita Anggraeni (22) mengaku sengaja datang ke posko PPDB lantaran terdapat kendala pada KK (Kartu Keluarga).

"Memang sudah daftar lewat online, terus karena enggak bisa karena kendala di KK, KK-nya kan harusnya tahun kemarin 2021, tapi kami daftarinnya, daftar di 2024 begitu, jadi terkendalanya di bagian itu saja sih," kata Dita.

Pasalnya sang adik yakni Alfiah Diansyah (15) menempuh sekolah menengah pertama (SMP) di Cirebon. Sementara ia akan melanjutkan jenjang pendidikan SMA-nya di Jakarta.

"Enggak bisa diverifikasi dari awal. Kan harusnya buat akun dulu ya, enggak bisa disitunya karena KK nya itu," kata Dita.

Maka dari itu ia dan ibunya langsung menuju posko PPDB guna menanyakan kendala teknis yang dialami.

Rencananya sang adik akan daftar melalui jalur akademik di SMA Negeri 78 Jakarta Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat