androidvodic.com

KPK Sambut Baik Langkah Hasto PDIP Laporkan Tim Penyidik KPK ke Dewas, Komnas HAM & Bareskrim Polri - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik langkah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melalui tim kuasa hukumnya yang melaporkan tim penyidik KPK ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Komnas HAM, dan Bareskrim Polri.

Menurut Direktur Penyidikan KPK Asep Guntur Rahayu, pelaporan yang dilayangkan Hasto menjadi alat kontrol bagi kerja-kerja tim penyidikan.

Baca juga: 4 Pengakuan Staf Hasto PDIP Saat Diperiksa Penyidik KPK Soal Harun Masiku, Diceramahi Soal Neraka

"Dari HK (Hasto Kristiyanto) melaporkan ke Dewas, Komnas HAM, ke Reskrim, apakah ini mengganggu? Sebetulnya kami dari penyidik itu menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pak HK, karena ini juga bagi kami penyidik itu merupakan kontrol bagi kami," ujar Asep dikutip dari tayangan YouTube KPK RI, Jumat (14/6/2024).

Adapun laporan yang dilayangkan kubu Hasto tersebut terkait pemeriksaan Hasto sebagai saksi oleh tim penyidik KPK dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR dengan tersangka mantan caleg PDIP yang kini buron, Harun Masiku, Senin, 10 Juni 2024.

Hasto melaporkan penyidik karena menyita tas dan handphone miliknya yang sedang dipegang stafnya bernama Kusnadi.

Asep menekankan, kesiapan KPK dan tim penyidik untuk menguji keabsahan dari upaya penyitaan tersebut.

KPK mengklaim mematuhi prosedur dan tidak bertindak sembarangan ketika melakukan upaya penyitaan.

"Jadi dengan adanya pelaporan ke Dewas, ke Bareskrim, kemudian juga ke Komnas HAM, bagi kami itu adalah sebuah kesempatan bagi kami untuk menyampaikan baik kepada Dewas maupun kepada Komnas HAM maupun kepada pihak lainnya untuk menguji proses-proses penyidikan yang kami lakukan. Jadi tidak ada masalah,” kata Asep.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat