androidvodic.com

Panglima TNI Tegaskan Rencana Pengiriman Pasukan Ke Gaza untuk Operasi Kemanusiaan, Bukan Perdamaian - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan rencana pengiriman pasukan ke Gaza Palestina yang mengemuka baru-baru ini bukanlah operasi pemeliharan perdamaian atau peace keeping.

Namun ia, menegaskan rencana pengiriman ke Gaza Palestina tersebut adalah operasi kemanusiaan atau humanitarian operation.

Hal itu disampaikannya saat acara Silaturahmi dan Tukar Pikiran tentang perang TNI dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia di Gedung MUI Jakarta pada Jumat (14/6/2024).

"Jadi, kita bukan peace keeping, bukan operasi perdamaian. (Tapi) humanitarian, humantarian operation. Jadi, operasi kemanusiaan," kata dia.

Baca juga: Indonesia akan Evakuasi 1.000 Warga Palestina Terluka, Sekolahkan 1000 Anak Palestina, Kata Prabowo

Dalam paparan yang ditampilkan Agus, dalam misi kemanusiaan tersebut ia telah menyiapkan dua Kapal Rumah Sakit TNI AL yakni KRI dr Radjiman Wedyodiningrat - 992 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo - 991.

Dua kapal rumah sakit tersebut nantinya akan membawa 163 personel ABK.

Fasilitas yang ada pada dua KRI rumah sakit tersebut di antaranya satu ballroom, saru ruang VVIP, lima ruang VIP, dan 5 ruang VIP dua tempat tidur. 

Kapal rumah sakit tersebut mampu mengangkut 271 orang non ABK dan 160 pasien.

Di bagian geladak utama terdapat Unit Gawat Darurat yang mampu terdiri dari 6 tempat tidur dan satu tenda medis yang terdiri dari 40 tempat tidur.

Di geladak dua, terdapat ruang perawatan pria yang terdiri dari 45 tempat tidur, ruang perawatan wanita yang terdiri dari 45 tempat tidur, ruang isolasi pria yang terdiri dari dua tempat tidur, dan ruang isolasi wanita yang terdiri dari dua tempat tidur.

Baca juga: Hasil Penyelidikan PBB, Israel Bersalah atas Pemusnahan, Penyiksaan, dan Berbagai Kekerasan di Gaza

Dan di geladak tiga terdapat Unit Gawat Darurat yang terdiri dari 6 tempat tidur, ruang persiapan operasi yang terdiri dari empat tempat tidur, ruang pascaoperasi yang terdiri dari tiga tempat tidur, ruang ICU yang terdiri dari empat tempat tidur, dan ruang HCU yang terdiri dari tiga tempat tidur.

Selain itu, pada dua kapal rumah sakit tersebut akan disuagakan dua helikopter untuk evakuasi medis udara.

Dua helikopter itu yakni Helikopter Panther TNI AL dan Helikopter Dauphin TNI AU.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat