androidvodic.com

Gelar Salat Idul Adha Hari Ini, Masjid Al Azhar Kebayoran Baru Ikut Jadwal Wukuf di Arafah - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar pelaksanaan salat Idul Adha 1445 H pada hari ini, Minggu (16/6).

Jadwal pelaksanaan salat di Masjid Agung Al-Azhar ini berbeda satu hari dengan ketetapan pemerintah Indonesia yang menetapkan Idul Adha, pada Senin, 17 Juni 2024.

Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Tatang Komara mengatakan, pihaknya telah bersepakat untuk menggelar pelaksanaan salat Idul Adha bertepatan dengan tahapan pelaksanaan haji, yakni wukuf di Arafah yang jatuh pada kemarin, Jumat (15/6/2024).

"Kami bersepakat tentunya atas informasi yang dikeluarkan Saudi Arabia berkaitan dengan wukuf di Arafah itu jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, tentunya keesokan harinya kan Idul Adha. Maka kami menetapkan untuk shalat Idul Adha kali ini adalah pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad," kata Tatang kepada wartawan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024).

Baca juga: Gibran Rakabuming Raka Sumbang Sapi Limosin dengan Bobot 500 Kilogram ke Masjid Al Azhar 

Lebih lanjut, Tatang, mengatakan Masjid Agung Al-Azhar dapat menampung jemaah hingga 13 ribu.

Adapun letak shaf atau barisan untuk jemaah laki-laki berada di dalam masjid, sedangkan shaf jemaah perempuan di halaman masjid.

"Insya Allah tidak khawatir untuk jemaah sekalian, masjid kita dan aula serta lingkungannya bisa menampung 12 ribu-13 ribu jemaah, kita siapkan baik sarana sampai ke pengeras suara Insya allah akan terdengar," ucapnya.

Sementara itu, untuk pemotongan hewan qurban, Tatang mengatakan pihak Masjid Agung Al-Azhar akan mulai melaksanakan pemotongan, pada hari Senin.  

"Ahamdulillah untuk hewan qurban yang sudah terkumpul di kami dari jemaah, khusus masjid saja, karena ada lingkungan di sini. Masjid alhamdulillah sudah menampung sapi 13 ekor dan kambingnya 25 ekor," kata Tatang Komara.

Pantauan News, masyarakat muslim yang hendak melakukan salat Idul Adha mulai berdatangan sejak pukul 06.00 WIB.

Adapun para jemaah laki-laki lebih dulu memenuhi bagian dalam Masjid Agung Al-Azhar yang masih kosong.

Sedangkan, untuk para jemaah perempuan tampak mengisi bagian luat masjid. Mereka berbaris membentuk shaf-shaf.

Sementara itu, pada pukul 07.00 WIB, tampak halaman luar dari Masjid Agung Al-Azhar sudah penuh dengan jemaah laki-laki dan perempuan.

Selain itu, kendaraan roda empat tampak mendominasi kantong-kantong parkir yang disediakan pihak pengurus masjid. 

Beberapa mobil diparkir di sepanjang Jalan Sisingamangaraja dan jalan panjang menuju kawasan Blok M.

Adapun sekira pukul 07.20 WIB, salat Idul Adha dilangsungkan. Para jemaah mengikuti arahan imam yang memimpin salat dari bagian dalam masjid.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat