androidvodic.com

Gibran Rakabuming Raka Sumbang Sapi Limosin dengan Bobot 500 Kilogram ke Masjid Al Azhar  - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti 

News, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka berkurban dengan menyumbang hewan kurban berjenis sapi limosin pada Hari Raya Idul Adha 2024.

Gibran menyumbangkan sapi limosin itu untuk nantinya dikurbankan ke Masjid Agung Al Azhar, Jakarta.

Baca juga: Niat Salat Idul Adha Sendiri dan Berjamaah, Dilengkapi Tata Caranya

“Tadi pagi Alhamdulillah dikirim dari mas Gibran Walikota Solo, atau beliau Wakil Presiden RI kita mendatang,” kata Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Tatang menyebut sapi limosin atas nama putra sulung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu memiliki bobot lebih dari 500 kilogram.

Baca juga: Jokowi Bagikan Sapi Kurban ke 38 Provinsi di Indonesia dan IKN, Masing-masing 1 Ekor

Di mana nantinya, proses penyembelihan hewan kurban itu akan dilakukan oleh pengurus masjid pada Senin (17/6/2024) lusa.

Nantinya, sapi milik Gibran ini akan disembelih dengan 11 ekor sapi dan 17 ekor kambing lainnya dari jumlah sementara di Masjid Agung Al Azhar 

“Sapi limosin. Bobotnya di atas 500 kg. 40 persen dari itu sekitar 200an kg lah ya dagingnya saja,” ucapnya.

Salat Idul Adha Digelar Besok

Adapun untuk pelaksanaan Salat Idul Adha, Masjid Agung Al-Azhar akan melaksanakannya pada Minggu (16/6/2024) besok sekira pukul 07.00 WIB.

"Bismillah betul. Insyaallah salat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Al Azhar akan dilaksanakan pada hari Ahad, 16 Juni 2024," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Dia menyebut alasan pelaksanaan salat id tersebut dilakukan sehari sebelum pemerintah dan Muhammadiyah melakukan ibadah tersebut pada Senin (17/6/2024).

Merujuk kepada Keputusan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar Nomor 086 tahun 2024, Tatang menjelaskan, salat Idul adha tahun ini juga merujuk kepada pelaksanaan wukuf di Arofah yang sudah dilakukan hari ini.

Baca juga: Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Serahkan Satu Ekor Sapi Kurban ke Tribunnews

"Bismillah pengurus takmir berdasarkan kepada Pelaksanaan wukuf di Arofah yanga jatuh pada hari sabtu ( hari ini ) tanggal 15 Juni 2024," ucapnya.

Tatang melanjutkan jika pelaksanaan Salat Idul Adha ini terbuka untuk umum dengan khatib Dr. H. M. Anwar R. Prawira, M.A. dan Imam Salat H. Mukhtar Ibnu, M.Pd.

Dia menerangkan, Informasi ini telah disebarkan ke media sosial yang dikelolah oleh Masjid Al-Azhar. Selain itu juga famflet, flayer. Tatang memprediksi, salat Idul Adha akan diikuti 12 ribu jemaah.

"Dan Alhamdulillah respon masyarakat. Kami akan prediksi mungkin ini lumayan besar dari segi animo," jelasnya.

"Kami sekarang sudah mempersiapkan secara fisik, lapangan sudah kita garis area area halaman masjid sudah kita bersihkan kita tentukan untuk menampung jamaah kemungkinan besar jamaah akan banyak kami prediksi di tahun kita diangka 11 ribu sampai 12 ribu jamaah," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat