androidvodic.com

Daftar 7 Oknum TNI Gabung OPM, Terbaru Eks Anggota Kodam V/Brawijaya - News

News - Oknum TNI lagi-lagi melakukan pembelotan dengan bergabung menjadi anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Terbaru, ada eks anggota Kodam V/Brawijaya berpangkat Prajurit Dua (Prada), Danis Murib yang bergabung ke OPM pimpinan Undius Kogoya.

Komandan Satgas Media Koops HABEMA, Letkol Arh Yogi Nugroho menuturkan Danis Murib ditembak bersama dengan anggota OPM lainnya yang belum diketahui identitasnya.

Yogi mengungkapkan Danis dinyatakan telah kelana yudha atau meninggalkan tugas dan bergabung dengan OPM pimpinan Undius Kogoya sejak dua bulan lalu.

"Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Prov. Papua Tengah, pada tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT yang lalu," sambung dia.

Di sisi lain, berdasarkan catatan News, sudah ada tujuh oknum TNI yang membelot ke OPM dalam rentang waktu dari 1970-2020-an.

Sebelum Danis, terakhir ada eks prajurit TNI yang ditangkap Satgas Damai Cartenz pada 31 Mei 2023 lalu dan merupakan anggota OPM

Namun, hingga saat ini, TNI tidak membeberkan identitas eks prajurit tersebut.

Baca juga: Danis Murib, Oknum TNI yang Membelot Jadi OPM Ditembak, Sudah Tinggalkan Tugas 2 Bulan

Selengkapnya berikut daftar anggota TNI yang membelot menjadi OPM dari berbagai sumber:

1. Lucky Y Matuan alias Lukius

Lucky Y Matuan alias Lukius bergabung ke OPM pada Februari 2021 lalu.

Hal tersebut sempat disampaikan oleh Juru Bicara OPM, Sebby Sambom.

"Ada seorang prajurit TNI yang telah bergabung dengan TPN sejak Februari lalu, dan saat ini bersama pasukan TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat)" ungkap Sebby lewat pesan singkat, 16 April 2023.

Lukius pun sempat berulah ketika dirinya menembaki tempatnya bertugas di Bulapa dan melukai tiga prajurit TNI dalam serangan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat