androidvodic.com

Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Edukasi Keselamatan Berkendara Digencarkan - News

News, JAKARTA - Kampanye keselamatan berkendara melalui SETUJU (Selamat Sampai Tujuan) terus digalakkan PT Hutama Karya yang telah membangun Jalan Tol Sumatera (JTTS). 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menyatakan, pada 2024 perseroan semakin memperluas target sasaran kampanye agar dapat diterima seluruh golongan kendaraan, mulai sopir travel, truk maupun komunitas mobil antar daerah sebagai target edukasi SETUJU.

“Keselamatan berkendara di jalan tol adalah tanggung jawab bersama, sehingga edukasi dan sosialisasi harus terus kami lakukan utamanya mengingat karakteristik tol di Sumatra yang panjang dan lurus,” ujar Adjib ditulis Selasa (25/6/2024).

Menurutnya, kampanye SETUJU digencarkan tidak hanya untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan tol, namun membentuk kebiasaan bagi pengemudi di jalan tol, mengurangi angka kecelakaan, hingga meningkatkan kualitas keselamatan.

Hingga pertengahan tahun 2024, implementasi Kampanye SETUJU telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan.

Melalui 12 aksi Operasi Microsleep, sekitar 700 pengemudi berhasil di monitor kondisi fisik maupun kendaraan serta diedukasi pentingnya selamat berkendara di malam hari yang tersebar di Tol JORR-S, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung, Tol Pekanbaru-Dumai,Tol Pekanbaru- Bangkinang dan Tol Binjai - Langsa.

Dalam Kampanye SETUJU, Hutama Karya juga melakukan 28 kali Operasi Over Dimension Overload (ODOL) dengan 802 kendaraan yang diperiksa dan ditimbang untuk mengurangi kecelakaan yang diakibatkan kendaraan dengan muatan maupun dimensi berlebih yang tersebar di Tol JORR-S, Tol Akses Tanjung Priok, Tol Palembang - Indralaya, Tol Indralaya - Prabumulih, Tol Pekanbaru - Bangkinang, Tol Binjai - Langsa dan Tol Indrapura - Kisaran.

Baca juga: Pengusaha Truk Usul Usul MST Jalan Dinaikkan Sebelum Terapkan Zero ODOL

“Melalui berbagai inisiatif kampanye SETUJU yang telah dilaksanakan, kami mencatat peningkatan signifikan dalam kesadaran keselamatan berkendara, tercermin dari penurunan kecelakaan sekitar 30 persen (YoY) di seluruh Jalan Tol Hutama Karya," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat