androidvodic.com

Lembaga Amil Zakat Diimbau Dapat Memberdayakan Mustahik Agar Bisa Naik Kelas Menjadi Muzakki - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Waryono Abdul Ghafur mengatakan lembaga amil zakat harus mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Lembaga amil zakat, kata Waryono, harus dapat melakukan pemberdayaan terhadap para mustahik.

Baca juga: Program Webinar Zakat Wakaf Hub Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Berzakat dan Berwakaf

"Penting bagi kita bersinergi dengan lembaga lain dan memfungsikan kehadiran negara, sehingga nantinya para mustahik bisa naik kelas menjadi muzakki," ujar Waryono melalui keterangan tertulis, Jumat (28/6/2024).

Hal tersebut diungkapkan Waryono pada peresmian status LAZ Nasional terhadap lembaga kemanusiaan ASAR Humanity.

Ia berpesan, Amil Zakat perlu bersinergi mewujudkan peningkatan hidup masyarakat khususnya yang masih merasakan kemiskinan.

Waryono juga mendorong masyarakat untuk menunaikan zakat di lembaga Amil Zakat yang legal dan tercatat secara resmi di Kementerian Agama.

"Terus berkomitmen pada dunia kemanusiaan dan mengikhtiarkan manfaat yang lebih luas," kata Waryono.

Peresmian status LAZ Nasional ini ditandai dengan acara penandatangan pakta integritas dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kemenag RI No. 394 Tahun 2024 di Gedung Graha ASAR, Tapos, Depok.

"Alhamdulillah baru saja kemarin saya turut membersamai rekan-rekan ke lapangan aksi distribusi hewan kurban ke pelosok NTB. Masya Allah, bahagia sekali melihat banyak saudara bahagia di Idul Adha," ujar Ketua Dewan Pembina ASAR Humanity, Ahmad Dahlan.

Baca juga: Ruang Amal Indonesia Jadi Wadah Masyarakat Salurkan Zakat, Harus Berdampak ke Sektor Pendidikan

Sudah 5 tahun berdiri untuk dunia kemanusiaan, ASAR Humanity telah menebar manfaatnya kepada 1,3 juta masyarakat hingga pelosok negeri.

Sekitar 1,3 juta jiwa di 32 provinsi telah merasakan manfaat melalui berbagai program layanan seperti Pendidikan, Air Bersih, Pangan, Kesehatan, Emergency Sosial dan Bencana, hingga Ekonomi.

"Wujud strategi untuk meningkatkan karya kemanusiaan lembaga yang tumbuh dan berkembang, aman syar’i, aman regulasi juga aman NKRI," pungkas Ketua Yayasan ASAR Humanity Noval Eriansyah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat