androidvodic.com

HUT ke-78 Bhayangkara, Lemkapi Dorong Polri Terus Tingkatkan Kinerja - News

News, JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mendorong Polri untuk terus meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya dan dicintai masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam rangka HUT ke 78 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2024.

Menurut Edi Hasibuan, dalam kurun waktu Juli 2023-Juli 2024, Polri telah melakukan berbagai terobosan dan capain besar dalam meningkatkan kinerjanya.

Capaian besar Polri itu di antaranya pengamanan Pemilu 2024, pengamanan mudik lebaran, hinggga sukses dalam pengamanan internasional Word Water Forum (WWF) yang dihadiri sejumlah kepala negara dunia di Bali.

"Dalam kurun waktu Juli 2023 hingga Juli 2024 tugas berat dijalankan Polri tanpa henti-hentinya," kata Edi Hasibuan kepada News, Minggu (30/6/2024).

Lanjut dosen Program Studi Doktor Ilmu Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta ini, kinerja dan profesionalisme Polri terus disorot masyrakat.

Selain itu, ketangguhan Polri dalam menghadapi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terus diuji.

"Kami melihat kinerja Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo semakin baik dan faktanya banyak diapresiasi," ucap Edi.

Mantan Komisioner Kompolnas ini mengatakan saat ini berbagai terobosan terus dilakukan dalam meningkatkan kepercayaan masyrakat terhadap Polri mulai dari program Jumat Curhat, Minggu Kasih, peningkatan pelayanan di berbagai bidang termasuk melakukan bakti sosial di seluruh Indonesia menjelang hari Bhayangkara tahun 2024.

Selain itu, Edi juga melihat Polri semakin andal dalam penegakan hukum yang tegas dan berkeadilan termasuk memberantas kejahatan transnasional, judi online, dan pemberantasan narkoba.

Semua itu dinilai anggota Pansel Kompolnas 2024 ini membuat posisi polri semakin baik di mata masyrakat.

Bahkan hasil penelitian Litbang Kompas Juni 2024, menempatkan Polri pada posisi kedua dengan angka 73,1 persen sebagai lembaga yang berhasil menjaga citranya dengan baik setelah institusi TNI.

"Kita harapkan dengan capain ini tidak membuat Polri berpuas diri tapi justru terus meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya dan semakin dicintai masyrakat," ucapnya.

Edi Hasibuan pum melihat banyak harapan masyarakat yang berharap agar kinerja Polri semakin lebih baik lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat