androidvodic.com

Masyarakat Diajak Jaga Kelestarian Lingkungan dan Populasi Elang Jawa Melalui Trail Run di Cidahu - News

News, JAKARTA - Pelestarian lingkungan dan satwa langka terus digaungkan untuk dijalankan semua pihak.

Satu di antaranya melalui kegiatan Elang Jawa Trail Run 2024 di Cidahu Camping Ground, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat saat momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama PLN Indonesia Power bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam menjaga kelestarian lingkungan utamanya terhadap populasi Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang terancam punah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan melalui kegiatan ini, masyarakat diajak untuk lebih dekat dengan alam, merasakan keindahan dan keasriannya, serta menyadari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.

"Hari lingkungan hidup sedunia ini momentum penting bagi kita semua untuk merenung dan mengambil tindakan nyata dalam upaya melestarikan dan menjaga lingkungan," kata Siti Nurbaya ditulis Senin (1/7/2024).

Baca juga: Menteri LHK Siti Nurbaya Dorong Pelaksanaan Kebijakan Mobil Listrik

Menurutnya kegiatan ini mengingatkan semua pihak akan tanggung jawab besar yang diemban untuk menjaga keseimbangan alam yang semakin terancam, dan harus menghadapi triple plenary crisis.

"Yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah," ucap Siti Nurbaya.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra menyebutkan hadirnya PLN IP dalam Elang Jawa Trail Run 2024 ini sebagai bentuk dukungan pada pemerintah dan wujud komitmen berkelanjutan perusahaan.

"Ini komitmen kami terhadap keberlanjutan lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati salah satunya dengan pelepasliaran Elang Jawa, upaya bersama praktik keberlanjutan dan TJSL yang berada di wilayah Gunung Salak," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat