androidvodic.com

Upaya Wujudkan Poros Maritim Dunia, Hima Persis Selenggarakan Madrasah Maritim - News

News, CIPUTAT - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam atau Hima Persis menyelenggarakan Madrasah Maritim di Badai Litbang Diklat Kementerian Agama RI Ciputat, Tangerang Selatan.

Agenda ini merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan memperkuat pemahaman dan kepekaan kader Hima Persis terhadap isu maritim di masyarakat.

"Selain itu agenda Madrasah Maritim merupakan kegiatan pengantar dalam program Ekspedisi Pesisir Hima Persis yang akan menjadi tindak lanjut bagi para kader alumni Madrasah Maritim ini," ujar Ilham Nurhidayatullah Ketua Umum PP Hima Persis, Senin (1/7/2024).

Ilham Nurhidayatullah juga mengatakan melalui kegiatan Madrasah Maritim ini, Hima Persis diharapkan mampu menjadi perwujudan dalam menumbuhkan spirit ke-islaman, ke-Indonesiaan, dan Kemaritiman.

Sehingga mampu mendorong terwujudnya Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Ariantomi Yandra Ketua Panitia kegiatan Madrasah Maritim juga menuturkan kehadiran Madrasah Maritim merupakan sebagai respon kritis atas keadaan yang terjadi di masyarakat.

Baca juga: Pengamat: Indonesia di Bawah Kepemimpinan Prabowo Bisa jadi Poros Maritim Dunia

Dimana Indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Namun yang menjadi prihatin justru masyarakat pesisir di Indonesia masih terjebak di bawah garis kemiskinan.

Maka guna merespon isu tersebut kegiatan Madrasah Maritim mengangkat tema “Proyeksi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia”.

Kegiatan Pembukaan Madrasah Maritim juga turut dihadiri oleh Haerudin Amin Anggota DPR-RI yang juga merupakan ketua IKA HIMAPI (Ikatan Keluarga Alumni Hima Persis).

Baca juga: Penunjukkan Laksamana Yudo Margono Penuhi Janji Politik Jokowi Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia

Menurut dia lautan dalam Alquran dipahami bukan hanya melalui akal namun menggunakan hati, karena gelapnya lautan membutuhkan cahaya (ilmu) untuk bisa memahami, menikmati hasil kekayaan dan sebagainya.

Maka perlu untuk saling mempelajari dan memahami lautan.

Selain itu, Haerudin Amin juga menuturkan Indonesia sebagai negara kepulauan memang sudah sepatutnya mewujudkan Indonesia menjadi Poros Maritim dunia namun dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia perlu adanya peningkatan SDM di pesisir.

"Maka dengan kehadiran Madrasah Maritim Hima Persis diharapkan mampu menjadi wahana dalam mendorong SDM yang unggul sehingga mampu mendorong perwujudan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat