androidvodic.com

Dorong Literasi Anak, Penerima Beasiswa LPDP Donasikan Ratusan Buku hingga Gelar Webinar - News

News, JAKARTA - Peserta Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP RI ke 233 (PK-233) melakukan upaya peningkatan kesadaran literasi anak dan remaja pada pelaksanaan proyek sosialnya.

Melalui inisiatif ini, PK-233 berharap dapat meningkatkan literasi membaca terutama bagi anak dan kesadaran akan bahaya Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) melalui ranah digital khususnya bagi remaja Indonesia, sebagai langkah awal dalam perjalanan untuk membawa perubahan positif bagi tanah air.

Ketua Divisi Proyek Sosial PK-233 Stefhanie Chitra, mengatakan apa yang mereka lakukan ini merupakan langkah kecil untuk turut serta meningkatkan kesadaran literasi anak dan remaja Indonesia.

“Dalam proses penentuan proyek sosial, kami berangkat dari kebutuhan riil generasi muda Indonesia sehingga kami, para penerima beasiswa LPDP, dapat berkontribusi secara nyata. Kami juga memprioritaskan pelaksanaan donasi buku ke daerah 3T agar pusat kegiatan sosial tidak lagi terkonsentrasi di pulau Jawa,” katanya, Rabu (3/7/2024).

Proyek sosial ini didasari oleh fakta tentang rendahnya tingkat literasi di Indonesia.

Menurut data Program For International Student Assessment (PISA) pada 2023, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara.

Mengusung tema besar tentang literasi untuk generasi muda, kelompok ini berhasil mendonasikan lebih dari 440 buku ke daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) yang disalurkan melalui tiga komunitas. Ketiga komunitas tersebut yaitu Bagi Buku NTT di Kabupaten Sumba NTT, Kammaimo Sikola di Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan, dan Komunitas Konservasi Indonesia Warsi di Kabupaten Malinau Kalimantan Utara.

Di Jakarta, kelompok yang bernama Gemintang Aksara itu juga telah mengadakan kelas bercerita untuk siswa kelas 2-4 dan kelas menulis untuk siswa kelas 5-6 di SDN 01 Ancol pada 27 Juni 2024. 

Hasil tulisan siswa tersebut akan dibukukan sebagai bentuk apresiasi kepada para siswa agar terus menumbuhkan semangat meningkatkan kemampuan literasi.

Selain kedua kegiatan tersebut, PK-233 LPDP juga melakukan donasi buku untuk perpustakaan SDN 01 Ancol sebagai salah satu upaya peningkatan literasi anak.

Selain itu, Gemintang Aksara juga mengadakan webinar “Remaja Punya Asa” yang berfokus kepada peningkatan literasi digital dengan mengangkat topik “Awas Bahaya Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO)!”.

Baca juga: Cerita Ulfatun Nikmah, Anak Buruh Ukir yang Raih Gelar Magister di UGM lewat Beasiswa LPDP

Kegiatan ini diadakan pada 4 Juli 2024 dengan mengundang narasumber dari PurpleCode Collective, sebuah sebuah kolektif perempuan yang fokus pada isu gender dan teknologi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat