androidvodic.com

4 Cara Crowd Control demi Cegah Insiden Saat Event - News

News - Pengendalian massa atau crowd control menjadi tantangan utama dalam penyelenggaraan event seperti konser.

Saat itu, ribuan orang berkumpul di satu tempat sehingga risiko terkait keamanan, keselamatan dan ketertiban meningkat signifikan.

Ketidakhadiran crowd control hingga panitia acara saat terjadinya sebuah kerusuhan bisa menjadi sangat fatal dan berakibat kericuhan.

Sebagaimana yang terjadi di Tangerang, beberapa waktu lalu. Penonton yang kecewa karena konser urung digelar membakar panggung yang telah berdiri kokoh.

Direktur Utama P1 Force, Chiquita Paramita Hindarto mengatakan, demi mencegah terulangnya peristiwa serupa, butuh strategi pengendalian massa yang efektif.

"Sebab event melibatkan banyak jiwa/nyawa. Sebelum pelaksanaannya, Security Risk Assessment sangat penting diperhatikan dengan cara mengutamakan K3," kata dia.

Selengkapnya, berikut 4 cara atau strategi crowd control yang efektif demi mencegah insiden saat event versi unit bisnis Nawakara itu:

1. Penjagaan Ketat dari Akses Masuk

Risiko keamanan seperti visitor management dan flow pengunjung seringkali menimbulkan gangguan keamanan.

Untuk pengaturan akses keluar/masuk ke lokasi event, setiap pintu wajib dijaga ketat dengan pemeriksaan fisik yang menyeluruh.

Dengan mengolaborasikan penjagaan fisik dan teknologi pemindai serta sistem identifikasi dari pengelola ticketing, hal ini dapat mencegah masuknya tiket palsu.

Baca juga: Polisi akan Proses Hukum Pelaku Pembakaran dan Penjarahan di Konser Lentera Festival Tangerang

Cara ini juga sekaligus memastikan hanya peserta yang berhak untuk dapat akses ke dalam area event.

"Namun jika hal yang tidak diinginkan terjadi, P1 Force mengimbau untuk langsung berkunjung ke helpdesk untuk membantu lebih lanjut apakah tiket tersebut palsu atau tidak," kata Chiquita dalam rilis yang diterima News, Kamis (4/7/2024).

2. Penerapan Integrated Security Solution

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat