androidvodic.com

Alibaba Terjun ke Metaverse, Suntik Dana 60 Juta Dolar ke Produsen Kacamata AR - News

News, BEIJING –  Alibaba Group Holding Ltd kini resmi bergabung ke industri dunia virtual Metaverse dengan berkolaborasi dengan startup kacamata augmented reality (AR) Nreal.

Melansir dari laman Nikkei, Alibaba diketahui telah menyuntikan dana sebesar 60 juta dolar AS atau setara Rp 861 Miliar (Dengan satuan USD Rp 14,350) dalam penggalangan dana seri C+ pada startup Nreal.

Pendanaan tersebut dimaksudkan agar Alibaba dapat menyusul saingannya Tencent Holdings Ltd. dan ByteDance Ltd, yang telah lama berkecimpung dalam bisnis Metaverse.

Meski ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengakses pasar Metaverse, namun perwakilan Alibaba menyebut bahwa dengan memanfatkan kecanggihan AR pihaknya bisa lebih cepat menjamah bisnis tersebut.

Terlebih saat ini permintaan adopsi AR pada perangkat elektronik sangat meningkat drastis.

Baca juga: Sambut Olimpiade Beijing 2022, Alibaba Rilis 4 NFT Baru

Nantinya pendanaan tersebut akan digunakan startup Nreal dalam meningkatkan modal di penelitian dan pengembangan produk kacamata AR.

Nreal rencananya juga akan memperluas ekspansi pasarnya ke beberapa negara besar diantaranya seperti Korea Selatan, Jepang, Spanyol, hingga Amerika Serikat.

Baca juga: Tahun Depan, Alibaba Fokus Kembangkan Bisnis Internasional dan E-commerce Pedesaan China

"Kami juga melihat peningkatan minat dari perusahaan di berbagai industri, karena mereka mencari cara untuk tidak hanya mengintegrasikan teknologi AR di seluruh bisnis mereka yang ada, tetapi juga menciptakan pengalaman augmented reality yang transformasional dan interaktif." tambah CEO Nreal Chi Xu.

Baca juga: Kapal MV Filia T Milik Alibaba Group Sandar di Dermaga Peti Kemas JICT

Dipilihnya Nreal sebagai mitra bukan tanpa alasan, kemampuan perusahaan asal Cina tersebut dalam memproduksi kacamata augmented reality tak bisa diragukan lagi.

Bahkan sebelum kerjasamanya dengan Alibaba, Nreal diketahui telah menjalin mitra dengan perusahaan otomotif, Nio untuk menghubungkan kacamata AR dengan kendaraan listrik buatannya.

Selain itu Nreal juga pernah berkolaborasi dengan layanan streaming AS Cinedigm untuk menciptakan alat yang dapat mempermudah pengguna untuk dapat menonton di layar HD virtual, sambil melakukan banyak tugas. Hal inilah yang kemudian membuat Alibaba kepincut menggandeng Nreal untuk menghadirkan kacamata AR dalam pertemuan virtualnya tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat