androidvodic.com

El Salvador Dirikan Kantor Bitcoin Nasional untuk Kelola Proyek Terkait Mata Uang Kripto - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
News, SAN SALVADOR - Pemerintah El Salvador dilaporkan telah mendirikan Kantor Bitcoin Nasional (ONBTC) untuk mengelola semua proyek terkait mata uang kripto.

Postingan LinkedIn yang diterbitkan konsultan dan layanan bisnis El Salvador, Torres Legal, pada Jumat (25/11/2022) mengungkapkan ONBTC didirikan melalui Keputusan No. 49 oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele.

Dekrit No. 49 yang diterbitkan dalam Lembaran Negara Resmi El Salvador dirangkum dalam Pasal dua, menurut laporan Torres Legal.

Baca juga: Kebangkrutan Genesis Bebani Bitcoin, Anjlok Ke Level Terendah di Kisaran 15.000 Dolar AS

“Pasal (dua) mendefinisikan tujuan ONBTC yang akan merancang, mendiagnosis, merencanakan, memprogram, mengoordinasikan, menindaklanjuti, mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi rencana, program, dan proyek yang terkait dengan Bitcoin untuk pembangunan ekonomi negara,” ujar Torres Legal dalam postingannya, yang dikutip dari Bitcoin News.

“Itu juga akan dapat berkolaborasi dengan negara lain bila diperlukan, dalam hal yang berkaitan dengan (Bitcoin),” tambahnya.

Pendirian ONBTC mengikuti pernyataan Nayib Bukele yang menjelaskan, negaranya akan membeli satu Bitcoin setiap hari. Saat itu, simpanan Bitcoin El Salvador sekitar 2.381 BTC, dan sudah sembilan hari sejak pengumuman Bukele, yang berarti negara tersebut telah memperoleh sembilan Bitcoin lagi.

Torres mengatakan, Bukele akan bertanggung jawab untuk menunjuk direktur ONBTC dan pendukung bitcoin, serta istri penyiar Amerika Serikat Max Keiser, Stacy Herbert akan terlibat.

Baca juga: FTX Bangkrut, Masa Depan Bitcoin Diramal Bakal Punah: Fenomena Lebih Bahaya dari Crypto Winter

“Merasa terhormat untuk terlibat dalam menyiapkan Kantor Bitcoin untuk presiden Bukele,” cuit Herbert pada akun Twitter-nya pada 25 November.

ONBTC juga memiliki akun Twitter bernama @bitcoinofficesv, dan pada Jumat kantor tersebut mengatakan sebuah laporan baru akan segera dipublikasikan.

 “(Kantor Bitcoin Nasional) akan segera menerbitkan laporan pertama kami. Topiknya akan membahas (penambangan bitcoin) di El Salvador,” tulis ONBTC dalam salah satu tweet-nya.

Berita mengenai pendirian Kantor Bitcoin Nasional terjadi setelah menteri ekonomi negara itu, Maria Luisa Hayem Brevé, mengirimkan tagihan Penerbitan Aset Digital ke majelis pejabat pemerintah El Salvador. Laporan menunjukkan, tagihan aset digital akan membantu mendukung rencana penerbitan obligasi bitcoin yang 'telah ternodai oleh kontroversi'.

Baca juga: Pemerintah AS Ternyata Punya Simpanan Lebih Dari 214.000 Bitcoin

Gagasan obligasi Bitcoin Salvador telah ditunda dan laporan lebih lanjut mencatat bahwa obligasi tersebut mungkin diterbitkan oleh perusahaan panas bumi La Geo. Menurut laporan yang diterbitkan Torres, ONBTC akan mengelola semua individu yang mencari pertemuan dengan Bukele sehubungan dengan bitcoin dan blockchain.

“Badan baru ini akan bekerja sebagai unit administrasi khusus, dengan otonomi fungsional dan teknis di dalam Kepresidenan Republik,” jelas Torres.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat