androidvodic.com

Harga Bitcoin Anjlok Jadi 25.000 Dolar AS Imbas Sentimen Panas antara Binance dan SEC - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, NEW YORK – Perdagangan Bitcoin selama 24 jam terakhir dilaporkan anjlok hingga harganya jatuh di kisaran 25.773 dolar AS per koin pada Minggu (11/6/2023).

Anjlok drastis bila dibandingkan harga di awal Juni lalu, dimana satu koin BTC dipatok seharga 28.956 dolar AS.

Tak hanya Bitcoin, penurunan serupa juga terjadi pada beberapa aset kripto teratas lainnya, seperti Ethereum yang harganya merosot menjadi 0.1750 dolar AS per koin.

Baca juga: Buntut Gugatan SEC, Bandar Kripto Binance Tangguhkan Setoran dan Penarikan Deposit Dolar AS

Diikuti XRP yang turut mengalami sideways hingga harganya amblas jadi 0,5067 dolar AS. Rapor merah juga terlihat pada pergerakan koin Solana yang harganya anjlok jadi 15.42 dolar AS per koin. Sementara harga Dogecoin amblas di kisaran 0.06193 dolar AS per coin.

Anjloknya perdagangan kripto pada hari ini terjadi imbas terpengaruh sentimen panas antara Binance dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Konflik tersebut bermula ketika SEC melayangkan 13 gugatan pada Binance dan pendirinya Changpeng Zhao di Pengadilan Distrik Columbia atas tuduhan kasus transaksi ilegal.

Lantaran telah melanggar undang-undang sekuritas AS tahun 1933 dan Exchange Act tahun 1934 dengan melakukan penjualan aset sekuritas tidak terdaftar, diantaranya seperti BNB, BUSD serta program BNB Vault dan Simple Earn serta skema investasi staking.

Tak hanya itu Binance dan Zhao bahkan turut terlibat dalam manipulasi pasar dan wash trading dengan tujuan untuk meningkatkan volume perdagangan aset kripto di Binance US. Alasan ini yang membuat SEC menjatuhkan gugatan pada Binance.

"Melalui 13 dakwaan, kami menuduh bahwa entitas Zhao dan Binance terlibat dalam jaringan penipuan yang luas, konflik kepentingan, kurangnya pengungkapan, dan penghindaran hukum yang diperhitungkan," kata Ketua SEC Gary Gensler dikutip dari Coindesk.

Kendati Binance telah menjamin bahwa perdagangan kriptonya berstatus aman dan jauh dari krisis likuiditas, namun Imbas gugatan yang dilayangkan Binance perlahan membuat kepercayaan investor terhadap perdagangan aset digital mulai memudar.

Alasan tersebut yang kemudian mendorong para investor berbohong – bonding mulai meninggalkan perdagangan kripto dan mulai beralih ke perdagangan saham yang nilainya lebih safe haven hingga membuat pedagang pasar cryptocurrency dalam 24 jam terakhir dilaporkan anjlok dan merugi sebanyak 320 juta dolar AS sejak awal pekan lalu.

Kondisi seperti ini diperkirakan akan terus terjadi selama beberapa hari kedepan, mengingat hingga detik ini konflik panas antara Binance dan SEC tak kunjung menunjukan titik terang.

Terkini Lainnya

  • Penurunan serupa juga terjadi pada beberapa aset kripto teratas lainnya, seperti Ethereum yang harganya merosot menjadi 0.1750 dolar AS per koin.

  • Semangat Mendukung Produk Lokal, Antusiasme Pengguna Shopee di Seluruh Indonesia

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat