androidvodic.com

Jumlah Investor Mencapai 19,18 Juta Orang, Indonesia Berpotensi Jadi Kripto Hub - News

News, JAKARTA - Berdasarkan catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), industri kripto di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, Hasan Fawzi mengatakan, hingga Februari 2024, total investor kripto di Indonesia mencapai 19,18 juta orang.

Menurutnya, angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketujuh di dunia yang memiliki jumlah investor terbesar.

Baca juga: Investor Kripto Harus Tetap Waspadai Volatilitas Pasar di Periode Libur Lebaran

"Jumlah nilai transaksi kripto di Indonesia per Februari 2024 juga mencapai Rp33,69 triliun, dengan total akumulasi sepanjang 2024 berjumlah Rp55,26 triliun,” ucap Hasan ditulis Kamis (4/4/2024).

Selaku pelaku usaha dan crypto exchange dalam industri ini, Indodax, melihat semakin tinggi dan antusiasnya minat masyarakat terhadap aset kripto.

Baca juga: Uang THR Bolehkah untuk Investasi Kripto? Ini kata Bos Indodax

“Indodax sangat senang melihat pertumbuhan investor dan nilai transaksi kripto di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap aset kripto semakin tinggi," kata CEO Indodax Oscar Darmawan.

Ia mengatakan jika Indonesia berpotensi menjadi crypto hub karena memiliki pondasi yang cukup kuat untuk mengembangkan industri kripto Indonesia.

“Indonesia sudah memiliki pangsa pasar yang potensial untuk memajukan industri kripto. Saat ini 69 persen masyarakat Indonesia berada di rentang usia 15 hingga 64 tahun," paparnya.

Menurutnya, Indonesia juga diprediksi akan mengalami lonjakan bonus demografi di tahun 2045, serta saat ini 80 persen masyarakat di Indonesia unbanked atau underbanked menurut catatan Kementerian Keuangan.

"Ini merupakan sebuah peluang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan mengedukasi mereka terkait investasi kripto,” ucap Oscar.

Oscar menyampaikan, matangnya regulasi dan ekosistem industri kripto di Indonesia juga merupakan bekal bagi industri kripto untuk terus berkembang.

"Regulasi yang jelas dan terperinci akan memberikan kepastian hukum bagi para pelaku industri dan investor. Sementara, matangnya ekosistem kripto dapat menciptakan lingkungan yang stabil dan berkelanjutan, serta dapat dipercaya untuk beroperasi,” ucap Oscar.

Selain itu, Oscar juga menyoroti pentingnya kerja sama antara sektor publik dan swasta dalam memperkuat ekosistem kripto Indonesia.

Terkini Lainnya

  • investor kripto di Indonesia mencapai 19,18 juta. Indonesia sebagai negara ketujuh di dunia yang memiliki jumlah investor terbesar

  • Dikabarkan Miliki Rencana Caplok Travel Agen Online RI, Ini Tanggapan Tiktok

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat