androidvodic.com

Kontes Mobil Hemat Energi 2018, Kelas Urban Listrik Pecahkan Rekor Pakai Ban Prototipe FDR - News

News, JAKARTA - Gelaran tahunan Kontes Mobil Hemat Energi 2018 berakhir dengan terpecahkannya rekor di kelas Urban Listik.

Mekatronic Tim 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan ban prototipe FDR berhasil mencatatkan jarak 335,09 km/kwh, dimana hasil terbaik di kelas Urban Listrik pada kompetisi tingkat dunia hanya sekitar 200km/kwh.

“Dalam lomba ini kami selalu menganalisis terutama di pemakaian ban. Kita selalu menganalisis tekanan ban yang terjadi, kalau pakai tekanan 70, 75, 80, 85 sampai 90, jadi pengaruhnya terhadap efisiensi kendaraan bisa dibuktikan. Dengan pakai ban FDR kendaraan jadi lebih irit,” kata Mohammad Jufri yang menjadi pembimbing Mekatronic Tim 1.

Juara 1 kelas Urban Listrik kompetisi tingkat Asia SEM 2018 diraih oleh tim dari Lac Hong University dengan 129,3 km/kwh.

Sedangkan pada kompetisi yang sama hasil juara 1 kelas Urban Listik KMHE 2017 adalah 154,435 km/kwh yang dibukukan oleh tim Titen EV-3 dan pada KMHE 2016, Tim Bumi Siliwangi 4 yang jadi juara kelas Urban Listrik dengan perolehan 160,382 km/kwh. 

Baca: All New Wrangler Resmi Dijual di Indonesia, Pemasarannya Ditangani Distributor Baru

Alfin, manajer Mekatronic Tim 1 mengatakan, penggunaan ban FDR membuat bobot ban mobil kami jadi berkurang.

"Pengaruhnya ke hasil pencapaian kami itu sangat drastis sekali hasilnya tidak disangka-sangka hasilnya bisa dua kali lipat dibanding ban standar,” kata Alfin.

Chamilus Ali Santo Direktur Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR mengatakan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan inovasi untuk bisa terus berkontribusi menciptakan ban yang ramah lingkungan dan hemat energi.

“Harapannya tahun depan, ban FDR dapat lebih optimal lagi dalam hal kualitas produk maupun kesiapannya menjelang acara KMHE, supaya semua tim yang kita support dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya,” ujar Chamilus.

Dia berharap tim dari Indonesia bisa memenangkan kejuaraan berikutnya, yaitu SEM 2019 di Thailand.

FDR Awards

Selain perebutan juara di kelas Urban, pada KMHE 2018 juga diselenggarakan FDR Awards yang diberikan pada tiga tim yang menggunakan ban prototipe FDR dengan catatan waktu tercepat dari tim-tim yang finis tiga teratas di kelas Urban Concept.

Tahun ini juara pertama diraih dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) lewat tim Garnesa DV.

Sementara untuk juara kedua diraih tim Bumi Siliwangi 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia yang berlaga di kelas Urban Listrik.

Juara ketiga diraih kembali oleh tim yang berlomba di kelas Urban Diesel, yaiitu tim Antasena ITS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat