androidvodic.com

Cara Merawat Pick Up Agar Operasional Optimal dan Usia Pakai Lebih Lama - News

TRIBUNNWS.COM, JAKARTA – Dengan wilayah pedesaaan yang luas dan medan yang terjal, kendaraan niaga ringan jenis pick up banyak digemari masyarakat Indonesia sebagai sarana transportasi barang, terutama untuk mengangkut hasil bumi seperti pertanian dan perkebunan.

Tidak heran, populasi pick di Indonesia sangat banyak, terutama di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Meski begitu sebagai 'kuda' pekerja yang selalu dioperasikan untuk bekerja keras mengangkut beban, pick up tetap membutuhkan perawatan berkala. 

"Melakukan perawatan secara berkala memiliki banyak manfaat, seperti mengoptimalkan kinerja mesin, terhindar dari kerusakan, menjaga nilai jual mobil, efisiensi penggunaan bahan bakar, dan mempertahankan kualitas sistem keamanan kendaraan," ujar Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Rabu (13/10/2021). 

Menurut Hariadi, ada tujuh aspek perawatan agar pick up yang kita miliki tetap bisa bekerja optimal dan usia pakainya lama. Berikut rinciannya:

1. Perhatikan Kondisi Ban

Perhatikan tekanan udara pada ban sesuai rekomendasi yang disarankan pada stiker di pilar pintu kendaraan atau di buku Pedoman Pemilik Kendaraan.

Baca juga: Tips Bikin Avanza Irit Konsumsi Bensin Saat Dibawa Jalan Ala Auto2000

Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga performa traksi ban tetap optimal yang sekaligus dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar dan fungsi pengereman. Pantau juga ulir pada tapak ban. Jika sudah gundul, ban memerlukan penggantian.

2. Cek Instrumen Rem dan Kopling

Pengereman dan kopling mobil pick up menjadi bagian vital untuk menjaga keselamatan pengendara atau pengemudi lain.

Pengendara harus memperhatikan kinerjanya lewat langkah termudah dengan cara menginjak pedal sambil merasakan pengereman dan kopling dalam kondisi yang normal.

Baca juga: Mendeteksi Gejala Retak Pada Dinding Ban, Apa Saja Penyebabnya?

Cek juga kondisi kanvas rem, volume minyak rem dan kanvas kopling sesuai petunjuk perawatan kendaraan.

3. Cek Fungsi Lampu dan Wiper

Memasuki musim penghujan, pastikan semua lampu dan wiper berfungsi normal. Lampu depan/headlamp, lampu tanda belok, lampu rem dan wiper juga memiliki peran terhadap kinerja dan keselamatan pengendara.

Baca juga: Agar Tarikan Lebih Kenceng, Simak 4 Tips Merawat Mesin Kendaraan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat