androidvodic.com

Indonesia Ekspor Perdana Toyota Fortuner ke Australia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

News - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi melepas ekspor perdana Toyota Fortuner ke Australia yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (15/2/2022).

Di acara pelepasan, Presiden menyebut model pertama yang dikapalkan ke Negeri Kanguru adalah SUV Fortuner.

"Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi. Kita tadi sudah melihat produknya Fortuner. Selain itu, produk-produk ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor," tutur Presiden di acara pelepasan ekspor di pabrik TMMIN Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/2/2022)

Presiden mengungkapkan, pandemi bukan hanya menghadirkan ujian dan tantangan bagi kita semua, utamanya bagi dunia usaha dan utamanya lagi bagi industri, tetapi juga membuka peluang dan kesempatan yang ada. 

Baca juga: Menperin Ungkap Toyota Bakal Produksi Kijang Hybrid

Peluang tersebut hadir dengan adanya pasar-pasar ekspor baru yang telah terbukti dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PT Toyota Motor Manucfacturing dengan ekspor perdananya ke Australia.

Baca juga: Toyota Patenkan Desain Transmisi Manual untuk Kendaraan Listrik

"Hati-hati produk ekspor itu akan berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Jadi bukan hanya sendirian di pasar tetapi bersaing dan konsumen itu akan memilih kalau produk kita memiliki kualitas, kualifikasi yang baik untuk dipakai. Ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik di dalam memproduksi mobil," kata Jokowi.

Jokowi juga mengapreasiasi upaya Menperin untuk memperluas pasar ekspor dan berhasil meningkatkan kandungan lokal pada mobil yang akan dikapalkan ke luar negeri.

"Saya sangat menghargai upaya Menperin dalam terus mengekspor mobil ke negara-negara tadi disampaikan hampir 80-an negara yang kita telah ekspor di 4 benua. Yang saya senang juga bahwa kandungan local purchase atau TKDN-nya sudah lebih dari 75 persen," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat