androidvodic.com

Honda Mobilio Tidak Stop Produksi, Masih Dirakit Tapi Fokus ke Segmen Fleet - News

News, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan tetap memproduksi model low MPV Honda Mobilio untuk market domestik meski permintaannya makin mengecil.

Hanya saya kendaraan 7-seater ini kini lebih banyak menggarap segmen fleet ketimbang segmen ritel.

Segmen fleet merupakan segmen pengguna dari kalangan perusahaan yang biasanya melakukan pembelian kendaraan lebih dari satu unit, antara lain untuk keperluan operasional.

"Mobilio masih tetap kita produksi, tidak dihentikan. Namun sekarang lebih banyak buat fleet, buat perusahaaan," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM menjawab pertanyaan Tribunnews di acara media gathering di arena IIMS Hybrid 2022, Kamis (7/4/2022).

Yusak menjelaskan, segmen fleet yang banyak melakukan pembelian Mobilio antara lain perusahaan rental dan perbankan.

Baca juga: Mobilio Dirumorkan akan Disuntik Mati, Ini Kata Honda

"Porsinya sekitar 70 sampai 80 persen, mereka mintanya tipe manual semua, S manual," bebernya.

Apakah juga terserap di perusahan taksi? Yusak Billy menyatakan, sektor transportasi juga menyerapnya, dan termasuk pembelian oleh fleet. "Selama ini kami kasih ke fleet company, terserah mau diapain," ujarnya.

Baca juga: Honda Lebih Pilih Remajakan BR-V Ketimbang Mobilio, Ini Alasannya

"Mobilio kita tidak pernah stop produksi. Tapi itu tadi, komponen Mobilio sama dengan Brio. Jadi masih ada kendala (parts yang dilimitasi)," ujar Yusak Billy.

Sebelumnya, Yusak Billy mengatakan, kendala pasokan chip semikonduktor dari vendor otomotif globalberdampak pada aktivitas produksi Honda sejak akhir tahun lalu.

Baca juga: Honda Bukukan SPK 401 Unit di Pameran IIMS 2022, Terbanyak Brio Satya dan HR-V

Hal itu mengakibatkan beberapa model mengalami penyesuaian strategi, tak terkecuali low MPV Mobilio, karena beberapa komponen di dalamnya serupa dengan milik Brio.

"Kami sementara mengutamakan produksi Brio karena memang permintaannya lebih tinggi. Back order-nya saja dua sampai tiga bulan sekarang," kata dia.

"Jadi kalau 7 penumpang, kami fokus ke LSUV, yaitu All New Honda BR-V. Tapi Mobilio masih kita jual," kata Yusak Billy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat